29 March 2024 - 05:42 5:42

Ternyata 4 Benda di Restoran Ini Sarang Bakteri

WartaPenaNews, Jakarta – Setelah makan di sebuah restoran, Anda mungkin merasakan kualitas kesehatan yang menurun. Ini dapat berbentuk flu, buang air atau bahkan muntah. Ada kemungkinan Anda menyimpulkan bahwa makanan yang dikonsumsi kurang bersih dan higienis.

Padahal, bukan faktor asupan saja yang bisa menjadi pemicu rasa sakit setelah makan di sebuah restoran. Sebab rupanya, beberapa benda disana juga diketahui menjadi sarang bakteri penyebab penyakit. Situs Web MD pun menyebutkan benda-benda penuh kuman dan bakteri di restoran agar dapat diwaspadai. Berikut beberapa diantaranya.

1. Buku menu

Buku menu adalah salah satu tempat bersarangnya kuman yang wajib diwaspadai. Sebab dalam hal ini, sebuah studi di Amerika Serikat mengatakan bahwa bakteri E.coli dan S.aureus yang merupakan penyebab diare, sakit perut dan demam ada disana. Hal ini dikarenakan perpindahan buku menu dari tangan pembeli satu dan lainnya. Oleh karena itu, cucilah tangan sesudah memegang buku menu dan sebelum makan untuk menangkal kuman berpindah ke tubuh Anda.

2. Es batu

Siapa yang suka memesan es teh saat makan di restoran? Jika Anda adalah salah satu orang tersebut, sebaiknya hindari mengkonsumsinya lagi. Sebab, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa bakteri dapat bersembunyi dan hidup di dalam es batu. Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit, pesanlah minuman hangat atau yang biasa saja.

3. Tray

Saat Anda membeli makanan di restoran cepat saji, umumnya Anda lah yang akan mengangkut makanan itu sendiri dengan tray. Sayangnya, sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 200 bakteri dan kuman yang menempel padanya. Ini berarti, tray dua kali lipat lebih kotor daripada toilet duduk dan mat gym. Oleh karena itu, cuci tangan atau gunakan handsanitizer setelah menggunakan tray.

4. Tempat kecap dan saus

Rasanya tidak lengkap jika makan tanpa kecap dan saus. Oleh karena itu, Anda langsung menggenggam wadahnya sembari menuangkan isinya. Sayangnya, tempat kecap dan saus itu menyimpan banyak bakteri yang salah satunya adalah E.coli. Apabila Anda tetap ingin menggunakannya, lebih baik lap terlebih dahulu tempatnya dengan tisu basah guna menghilangkan bakteri bekas tersentuh dari banyak orang. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03