29 March 2024 - 03:32 3:32

Ternyata Daun Sendok Miliki Khasiat Menakjubkan

WartaPenaNews, Jakarta - Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma sehingga banyak yang mengabaikannya atau bahkan membasminya. Faktanya, daun sendok sbenarnya adalah salah satu dari gulma yang memiliki manfaat obat terbaik. Dikenal dengan nama ilmiah plantago major, daun sendok banyak tumbuh liar di semak belukar dan ladang-ladang kosong.

Daun sendok memiliki tekstur daun hijau lebar dengan kuncup yang terlihat seperti tangkai. Berikut ini fakta khasiat dari daun sendok yang tidak boleh diremehkan:

1. Astringent: Mengunyah daun sendok dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat, terutama yang berasal dari gigitan serangga.

2. Anti-infeksi dan Racun: Hapus racun dari kulit atau hentikan infeksi dengan menggiling dan menghancurkan daun sendok lalu menggunakannya sebagai bubuh luka. Selain itu juga efektif dalam mencegah munculnya jaringan parut.

3. Anti-Peradangan: Daun sendok dan bijinya dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan respon sistem kekebalan tubuh. Bagian-bagian dari gulma ini juga berguna untuk memperbaiki kerusakan lapisan usus.

3. Vitamin dan Mineral: Daun sendok mengandung vitamin dan mineral, termasuk zat besi. Makan daun ini dianjurkan saat masih muda dan lembut karena rasanya yang paling enak. Bisa juga makan daun yang sudah tua dan besar, tetapi rasanya pahit.

4. Anti-Nyamuk: Susah lama daun sendok dimanfaatlan sebagai obat oleh nenek moyang kita dalam menghindari gigitan nyamuk. Daunnya juga efektif melawan sengatan lebah, serta iritasi kulit lainnya, seperti ruam, jerawat, dan goresan kecil. Untuk hasil terbaik, balut area dengan daun dan biarkan menempel di kulit setidaknya selama empat jam.

Selain menghancurkan, menggiling, dan mengunyah daunnya, kita juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk minuman teh. Teh ini bermanfaat karena mengatasi seperti:

• Menurunkan kadar kolesterol

• Membantu menyembuhkan diabetes

• Membantu penyembuhan penyakit wasir

• Atasi sindrom iritasi usus

• Menanangkan perut saat diare atau sembelit

• Membantu penyembuhan penyakit kandung kemih, terutama mereka yang mengalami infeksi saluran kencing atau ISK

• Meningkatkan kesehatan ginjal

Yang terbaik dari gulma daun sendok adalah dapat dikonsumsi oleh anak-anak karena termasuk obat alami yang aman untuk semua orang. Anda bisa mengonsumsinya sesuai selera, baik dimakan langsung, dibuat teh, atau tingtur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03