26 April 2024 - 18:50 18:50

Tips Agar Anak Aman dan Sehat saat Main Hujan-hujanan

WartaPenaNews, Jakarta - Hujan memang menggoda anak-anak untuk bermain di luar. Itu sebabnya, mereka kadang merengek agar diizinkan main hujan. Agar anak Anda bisa merasakan pengalaman main hujan, ada baiknya Anda mengizinkannya sesekali sambil menerapkan tips berikut, supaya terhindar dari sakit.

Alasan kenapa orang tua enggan memberikan izin si kecil untuk main hujan di luar rumah. Main hujan sering kali membuat anak sakit.

Ini terjadi karena udara dingin dapat menurunkan suhu tubuh sekaligus sistem kekebalan tubuh sehingga anak jadi lebih mudah sakit.

Salah satu jenis virus, yaitu Rhinovirus, berkembang sangat baik di dalam tubuh manusia ketika suhu tubuhnya menurun.

Begitu sistem imun menjadi lemah dan kalah melawan virus ini, anak bisa terkena sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan demam.

Main hujan juga bisa meningkatkan risiko anak terjatuh atau terpeleset karena jalan menjadi lebih licin. Meski begitu, bermain hujan-hujanan dapat mengembangkan pengetahuan anak mengenai hujan dan meningkatkan kemampuan motoriknya.

Itu sebabnya, tak ada salahnya mengizinkan anak Anda untuk main hujan sesekali dengan menerapkan beberapa tips supaya anak tak jatuh sakit.

Meski Anda mengizinkannya, jangan biarkan si kecil main hujan tanpa pengawasan. Terdapat beberapa tips untuk memastikan anak aman bermain hujan, di antaranya:

1. Pastikan anak 100% sehat

Bermain air hujan memang memberikan manfaat untuk anak. Namun, tidak berarti Anda bisa selalu memberikannya izin.

Sebelum memberikan izin, Anda harus mengecek kondisi kesehatan anak lebih dulu. Jika kondisinya tidak sehat, sebaiknya urungkan niat anak untuk bermain hujan.

Mengizinkan anak main hujan saat daya tahan tubuhnya lemah, bisa membuatnya lebih mudah sakit. Alihkan anak dengan kegiatan menyenangkan lainnya di dalam rumah supaya ia tetap ceria.

2. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Tips kedua agar anak Anda bisa main hujan dengan aman adalah dengan mempersiapkan perlengkapannya.

Main hujan bukan berarti selalu membiarkan anak basah-basahan tanpa pelindung. Anda bisa menyiapkan payung, jas hujan, sepatu boot untuk si kecil.

Meskipun perlengkapan ini tidak melindungi anak sepenuhnya, Anda dapat mengurangi paparan air hujan.

3. Awasi anak tetap dalam jangkauan Anda

Membiarkan anak main hujan-hujan tanpa pengawasan, memang membuatnya mengeksplorasi lingkungan lebih bebas.

Namun, dapat meningkatkan risiko anak bermain menjauh dari rumah atau di area yang kurang aman, seperti jalanan yang licin, terjal, atau jalan sering dilewati kendaraan.

Jadi, pastikan anak hanya bermain di sekitar halaman. Jika ia ingin bermain lebih jauh, sebaiknya Anda ikut menemaninya.

4. Jangan bermain terlalu lama

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan ketika mengizinkan anak main hujan adalah jangan membiarkannya bermain terlalu lama.

Selain mengawasi gerak-gerik anak, Anda juga perlu menentukan lamanya waktu anak bermain hujan-hujanan. Main hujan terlalu lama, bisa membuat tubuh anak kedinginan dan gampang sakit.

Jadi, jika perlu, pasanglah timer di ponsel Anda sebagai pengingat atau rajin-rajin mengecek jam.

5. Segera ganti baju dan menghangatkan tubuh

Supaya Anak tidak jatuh sakit setelah main hujan-hujanan, segera bersihkan dan hangatkan tubuhnya. Ajak anak untuk mandi dan membersihkan diri setelah bermain.

Tujuannya, untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di kulit anak.

Keringkan tubuh anak dan pakaikan baju yang lebih tebal. Buatkan teh hangat atau cokelat panas supaya suhu tubuh anak kembali normal. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03