25 April 2024 - 19:00 19:00

Tips Olahraga Bagi Anda yang Sibuk Bekerja

WartaPenaNews, Jakarta – Untuk pekerja kantor, duduk di depan komputer merupakan hal yang biasa. Ditambah lagi bila sedang dalam situasi repot tentu kita lupa untuk istirahatkan badan ini karena cemas pekerjaan akan terlambat.

Tapi, duduk terlalu lama bisa menaikkan kemungkinan terkena berbagai macam penyakit ditambah lagi jika duduk di depan komputer.

Untuk anda yang kerjaannya duduk di depan komputer, mau istirahat sembari olahraga namun tidak meninggalkan meja kerjanya ? jangan cemas KabarMakassar.com telah meringkas panduan untuk anda diambil dari beberapa sumber, memberikan anda solusi untuk olahraga hilangkan rasa pegal tanpa meninggalkan meja kerja anda.

Tersebut disini anjurannya

1. Putar-putar pundak

Duduk dalam tempat tegap. Tarik napas dalam-dalam dan angkat kedua pundak setinggi telinga Anda. Tahan tidak lama. Bebaskan dan jatuhkan pundak ke tempat semula. Ulangilah 3 kali.
Setelah itu berganti-gantian angguk dan gelengkan kepala Anda dengan perlahan-lahan, seperti mengatakan ‘ya’ dan ‘tidak’. Ulangilah berulangkali.

2. Bolak-balik duduk-berdiri

Jadi pemanasan, mudah saja. Anda tinggal bolak-balik ubah tempat dari duduk ke berdiri tiada henti, namun tanpa pertolongan tangan. Mulai dengan duduk tegap dan kaki menjajak tanah membuat 90 derajat. Tekan ke bawah dari tumit Anda, coba untuk tidak menggerakkan kaki ke bangku Anda atau gunakan lengan Anda (luruskan kedua tangan ke depan), dan usahakan pundak tetap dibuka lebar dan tulang punggung dalam tempat tegak namun tidak tegang. Saat ini, coba berdiri.

Dari tempat berdiri, pelan-pelan kembali duduk tegak sembari meredam diri untuk tidak cenderung ke depan dan/atau merubah pinggul ke satu segi atau segi yang lain. Ulangilah 5 hingga 10 kali.

3. Lihat Sekeliling Kantor

Sebab mata kita selalu melihat menjurus komputer. Sebaiknya kita berhenti tidak lama, sembari melihat keliling kantor supaya mata tidak terus memandang layar komputer karena radiasi nya sangatlah beresiko untuk mata. Nah, untuk meghindari hal tersebut berhentilah sesaat dan menjaga kesehatan mata anda.

4. Putar badan

Duduk dalam tempat tegap. Tarik napas perlahan-lahan dan saat Anda hembuskan napas, pelintir badan atas ke kanan dan pegang sandaran bangku Anda dengan tangan kanan. Dengan leher yang tegak lurus dan mata yang memandang ke depan, gunakan pertolongan pegangan Anda di bangku sebagai tuas untuk mendukung memutar badan Anda sejauh mungkin ke sisi belakang bangku. Tahan selama beberapa waktu, gunakan waktu ini untuk melihat ke sekitar — sejauh berapa Anda dapat memandang sekitar ruangan Anda. Perlahan-lahan kembali menghadap ke depan. Ulangilah untuk segi yang lain.

5. Peregangan punggung

Duduk dalam tempat tegap dipinggir bangku. Selonjorkan kedua kaki ke depan Anda. Turunkan badan untuk mencapai jari-jari kaki kiri, tahan 10-30 detik. Perlahan-lahan kembali pada atas, turun untuk mencapai jari-jari kaki kanan. Kerjakan berganti-gantian segi.

6. Peregangan kaki

Duduk bertopang di bangku. Dengan kedua tangan, peluk dan tarik satu diantaranya kaki ke atas sentuh dada. Tahan tempat ini selama 10-30 detik. Ulangilah untuk segi satunya. Kerjakan berganti-gantian segi.

7. Peregangan badan atas

Duduk tegap di bangku Anda. Angkat kedua tangan ke atas kepala dan luruskan. Miringkan cuma badan sisi atas ke kiri dan dengan tangan kanan gapai segi badan kiri. Tahan tempat selama 10-30 detik. Ulangilah untuk segi yang lain, dan kerjakan berganti-gantian segi.

8. Peregangan leher

Duduk tegap di bangku Anda. Angkat tangan kanan ke atas kepala dan luruskan. Setelah itu dengan tangan kanan tarik lembut kepala menjurus pundak hingga berasa sedikit ada penegangan pada otot leher. Tahan gaya selama 10-15 detik. Berganti-gantian sekali di setiap segi.

Jadi, jangan lupa diaplikasikan yah, supaya kita tetap sehat ! (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03