20 April 2024 - 11:18 11:18

Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam, Potensi Penuh Kejutan

WartaPenaNews, Jakarta - Tottenham Hotspur akan menjamu wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2018/19, Rabu (01/5) dinihari pukul 02.00 WIB. Duel ini sangat menarik karena melibatkan duel dua tim kuda hitam yang membuat kejutan di babak-babak sebelumnya.

Sebelum sampai babak semifinal, Tottenham Hotspur terlebih dahulu menyingkirkan Borussia Dortmund di babak 16 besar. Kejutan terakhir saat Spurs-julukan Tottenham Hotspur menghentikan favorit Manchester City di perempat final.

Ajax lebih spektakuler. Frenkie de Jong dan kawan-kawan di luar dugaan mampu mengeliminasi dua raksasa Eropa, Real Madrid dan Juventus.

Real adalah klub dengan status sebagai juara bertahan. Sedangkan Juventus adalah salah satu kekuatan yang diprediksi bakal mencapai final karena memiliki sejumlah pemain hebat, termasuk di antaranya adalah Cristiano Ronaldo.

Jika melihat performa Ajax saat ini, sepertinya pemilik empat gelar European Cup/Liga Champions itu mulai menunjukkan tanda-tanda seperti di masa-masa keemasan mereka.

Terakhir kali, Ajax menjuarai Liga Champions di musim 1994/95 silam. Saat itu, Ajax menyikat dream team AC Milan dengan skor 1-0 di final yang berlangsung di Wina, Austria.

Erik ten Hag yang ditunjuk menangani Ajax musim ini ternyata mampu memberikan perubahan yang signifikan. Tangan dingginnya mampu mengubah Ajax menjadi tim yang sangat ditakuti di pentas domestik dan Eropa.

Dusan Tadic, Hakim Ziyech, Frenkie de Jong, David Neres hingga kapten Matthijs de Ligt adalah talenta-talenta pilihan ten Hag yang kini menjadi incaran klub besar Eropa.

Menjamu Ajax, Spurs dinihari nanti harus ekstra waspada. Ajax datang dengan kekuatan terbaiknya. Mereka dalam kondisi bugar dan siap berperang hingga titik darah penghabisan. Trio bomber terbaik Neres, Tadic, dan Ziyech siap diturunkan sejak menit awal.

Wajar jika kali ini Ajax lebih difavoritkan. Melihat faktor sejarah, nama besar, kekuatan pasukan maupun performa, Ajax diyakini mampu melalui leg pertama ini dengan hasil yang memuaskan. “Apapun keadaannya, Tottenham tetaplah Tottenham. Mereka adalah tim yang sangat berbahaya,” kata ten Hag di Uefa.com.

Jika tak ingin porak poranda, Spurs wajib menjaga striker Ajax musim ini, Dusan Tadic. Pemain yang saat ini menjadi top skor Ajx itu telah mengemas 24 gol. Pemain lainnya adalah gelandang Hakim Ziyech yang telah mengemas 16 gol. Lalu Van de Beek dan David Neres yang masing-masing telah mengemas 8 gol.

Kondisi berbeda dialami Tottenham Hotspur.Tim asal London ini minim striker. Harry Kane jelas tak bisa diturunkan karena mengalami cedera parah. Kane harus absen hingga akhir musim. Demikian juga dengan Son Heung-Min.

Pemain asal Korsel yang berperan dalam sukses Spurs menyingkirkan City di perempat final itu terkena skorsing dan dilarang tampil di leg pertama. Demikian juga kondisi Harry Winks, Erik Lamela dan Moussa Sissoko juga meragukan.

Sang manajer Mauricio Pochettino pasti berharap pemain-pemain yang ada mampu memberikan kontribusi terbaik demi hasil positif untuk dijadikan modal sebelum melakoni leg kedua di Amsterdam pada 8 Mei mendatang.

Setidaknya ada empat pemain Tottenham yang mungkin bakal diandalkan Pochettino. Pasalnya, mereka merupakan mantan pemain-pemain Ajax. Toby Alderweireld (2008-2013), Jan Vertonghen (2006-2012), Davinson Sanchez (2016-2017) dan Christian Eriksen (2009-2013).

“Situasi kami kurang menguntungkan. Namun kami masih memiliki sejumlah pemain yang bisa kami andalkan,” kata Pochettino di BBC.

Secara histori, kedua tim yang sudah dua kali berhadapan di kompetisi UEFA Cup Winners Cup, mencatat bahwa Ajax belum pernah satu kali pun menang atas Spurs. Namun, saat ini Ajax telah jauh berevolusi. Mereka tidak terkalahkan dalam delapan laga terakhirnya di semua kompetisi. (*/dbs)

Perkiraan susunan pemain:

Tottenham (3-4-2-1):Lloris; Vertonghen, Sanchez, Alderweireld; Rose, Wanyama, Eriksen, Trippier; Alli, Moura; Llorente.

Pelatih: Mauricio Pochettino.

Ajax (4-3-3):Onana; Tagliafico, Blind, de Light, Mazraoui; Van de Beek, Frenkie de Jong, Schone; Neres, Tadic, Ziyech.

Pelatih: Erik ten Hag.

Stadion: Tottenham Hotspur Stadium, London

Waktu: Rabu 1 Mei 2019, Pukul 02.00 WIB

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03