20 April 2024 - 09:45 9:45

Usai Pelantikan, Jokowi Janji Uji Coba Sinyal Palapa Ring di Papua

WartaPenaNews, Jakarta -Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian Tol Langit atau Palapa Ring. Jokowi mengakui bahwa sebelum proyek ini diresmikan, jaringan internet di Indonesia belum merata, khususnya di wilayah Timur.

Jokowi menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke wilayah Indonesia Bagian Timur, yang memiliki koneksi internet cukup lambat. Dia pun berjanji segera mengunjungi Papua untuk melakukan uji coba sinyal pasca pengoperasian Palapa Ring.

“Kalau malam jam 10, 11 sudah mulai main (HP), kok lama, lamban sekali, lemot sekali. Misalnya di Wamena, di Rote Ndao, memang waktu itu belum, kalau sekarang (setelah Palapa Ring diresmikan) saya belum nyoba, setelah pelantikan (20 Oktober) saya mau datang, ini sudah on atau belum,” kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (14/11/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku banyak mendapat keluhan dari masyarakat Rote Ndao soal konektivitas. Bahkan, kata Jokowi, untuk sekadar mengirim pesan singkat, warga harus mendekat ke menara Base Transceiver Station (BTS).

“Jangankan kirim video, teks saja lambat, itu pun harus dekat tower BTS yang disebut sebagai pohon SMS. Harus dekat-dekat agar bisa SMS. Mungkin sekarang bukan SMS ya, tapi pohon WA (WhatsApp),” jelas dia.

Jokowi berharap Tol Langit ini dapat berguna bagi masyarakat baik dari sektor ekonomi, budaya, hingga politik dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, dapat memperbaiki pendidikan di daerah-daerah di Indonesia.

“(Palapa Ring) Agar bisa saling mengenal. Penguatan persatuan kita memperbaiki pendidikan, dan menembus seuruh pelosok Indonesia, memperkuat perdagangan UMKM ke pasar nasional bahkan internasional,” ujar Jokowi.

Hadirkan Sinyal Kuat

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menggambarkan proyek Palapa Ring untuk menghadirkan sinyal telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk akses internet, sebagai “tol langit”. Kehadiran tol langit ini akan kian memperkuat pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa proyek Palapa Ring ini bertujuan agar akses internet ada di mana-mana, dan harga jual paketnya tidak berbeda satu sama lain. Selain itu, dengan adanya Palapa Ring, tidak ada lagi daerah perbatasan yang terisolir.

Setelah pembangunan selesai, operator telekomunikasi bisa memanfaatkan layanan Palapa Ring dengan skema tarif yang telah ditetapkan berdasarkan penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth, dan kabel serat optik pasif atau dark fiber. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03