18 April 2024 - 19:30 19:30

Wamenhan: Tantangan Pertahanan Nasional Berubah

WartaPenaNews, Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mengingatkan bahwa tantangan pertahanan nasional kian berubah seiring tatanan dunia baru yang membuat semua terkoneksi satu sama lain.

“Tatanan dunia baru ini membawa tantangan bagi ketahanan nasional karena bentuk serangan berubah dari fisik menjadi ‘cyber’ (informasi),” katanya, melalui pernyataan tertulis, Selasa (19/11).

Sakti menyampaikannya saat menjadi keynote speech pada Goesmart 2019: Smart Cities Week 2019 yang diselenggarakan Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas (PIKKC) di ITB, Bandung, Selasa.

Menurut dia, Indonesia tengah masuk ke dalam tatanan dunia baru, seiring penggunaan teknologi “mobile” yang kian terintegrasi dalam kehidupan masyarakat.

Wamenhan yang membawakan materi dengan judul “Smart Safe & Secure Nation” menyatakan bahwa disadari atau tidak, sesungguhnya Indonesia setiap harinya diserang di era teknologi ini.

“Contoh sederhananya, hoaks disebar itu untuk melunturkan ideologi. Jika penyebar hoaks merasa berhasil menghancurkan ideologi seseorang, dia akan masuk dengan paham baru dan merusak tatanan yang ada,” jelasnya.

Kondisi semacam itu, kata dia, harus diwaspadai para penggiat “smart city” karena di era kota cerdas, masyarakatnya belum tentu cerdas menerima informasi.

Ia mengajak seluruh pihak harus ikut dalam menjaga keamanan dan kedaulatan nasional kala membuat konsep “smart city” atau transformasi digital agar Indonesia mampu bersaing di era tatanan baru.

“Keamanan dan kedaulatan negara terhadap itu harus masuk dalam perencanaan kala membuat jaringan, konten, dan aplikasi untuk membuat ‘Smart’ apapun bagi masyarakat,” tegas Sakti. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03