20 April 2024 - 08:34 8:34

Wujudkan Wirausaha di Kalangan Mahasiswa, UP Rangkul KAUP dan Sahabat UMKM 

WartaPenaNews, Jakarta – Univeritas Pancasila (UP) bersama Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Pancasila (PP KAUP) dan Sahabat UMKM menandatangani kerjasama (MoU) pengembangan kewirausahaan dan karir mahasiswa.

Penandatangan ini dilakukan oleh Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt dan Ketua Umum KAUP Ir. Indra Utama di Gedung Rektorat Universitas Pancasila, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

Pada kesempatan itu pihak universitas juga menandatangani kerjasama dengan Sahabat UMKN DKI Jakarta selaku mitra pengembangan kewirausahaan dengan perguruan tinggi swasta tersebut.

Menurut Rektor UP, kerjasama ini merupakan wujud merealisasikan visi kampus yang baru yakni, menjadikan universitas yang unggul di tingkat nasional dan internasional, berorientasi kewirausahaan berbasis IPTEKS, berdasarkan nilai luhur Pancasila.

Guna mewujudkan itu, sambung Wahono, pada tahun ajaran baru, program kewirausahaan akan menjadi mata kuliah umum sejajar dengan mata kuliah Pancasila, kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia.

“Dalam melaksanaka program-program tersebut kami mendapatkan dua mitra, Sahabat UMKM dan KAUP dengan berbagai pengalaman usahanya dan kemudian ingin memberikan sesuatu yang konstribusi yang akan diberikan kepada bekas almamaternya,” kata Wahono.

Sementara Indra Utama mengatakan, selama ini para alumni sudah memberikan dukungan, berupa pendampingan kepada mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. “Hari ini kita formalkan. Selain lebih formil kita juga bisa lebh leluasa. Kami juga mengajak kepada teman-teman alumni lain untuk mensupport kegiatan ini,” kata dia.

Anggota Dewan Pengawas Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila ini menambahkan, akan selalu mendukung program kewirausahaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa di almamaternya. Hal ini sebagai wujud dukungan agar visi Universitas Pancasila menjadi universitas entrepreneurship bisa terwujud.

“Alumni kita banyak berwirausaha dan kita harapkan mereka bisa melakukan pendampingan, mulai dari ide kreatif, pembuatan proposal, kemasan, branding, termasuk akses ke pemerintahan yang mungkin diperlukan terkait izin atau pun yang lainnya,” terang pengusaha media ini.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Layanan Karir Mahasiswa (PPKLKM) Universitas Pancasila Ir. Petiana Indriati mengatakan, kerjasama ini akan bisa mempercepat capaian para wirausaha muda asal kampusnya mensesejarkan diri dengan kelompok wirausaha muda Indonesia.

“Momen ini kami merasa wirausaha Universitas Pancasila akan mengambil peran menjadi wirausaha muda Indonesia,” kata dia.

Sedangkan, K. Rasyid dari Sahabat UMKM DKI Jakarta menambahkan kerjasama ini akan menjadi momentum agar target pemerintah Joko Widodo mewujudkan sebanyak 14% entrepreneurship muda bisa tercapai.

“Kami ingin memunculkan para wirausaha yang handal dengan target minimal 100 pengusaha muda hingga akhir tahun ini. Kami optimis itu akan teruwujud. Semoga yang menjadi rencana dan wacana bisa tercapai. Kita bersinergi dan berkaloborasi sesuai motto Sahabat UMKM “Tumbuh dan Berkembang Bersama”,” terang Rasyid. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03