20 April 2024 - 19:40 19:40

102 Pasien Kunjungi RS Darurat Wisma Atlet

WartaPenaNews, Jakarta – Juru bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan hingga Selasa sore (24/3) kunjungan pasien Covid-19 ke RS Darurat Wisma Atlet ada 102 orang.

71 orang di antaranya dirawat dan 31 orang tidak perlu dirawat.

“Secara umum kondisi mereka sakit ringan sedang,” kata dia pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Selasa, (24/03/2020).

Dari awal direncanakan bahwa RS darurat tersebut bagian dari karantina rumah sakit.

Pasien yang berada di RS darurat tersebut adalah pasien yang dipastikan tidak mungkin dilakukan isolasi diri di rumah atau pasien yang membutuhkan layanan monitoring secara intensif dari tim kesehatan.

Baca juga: Pilgub Kepri Semakin Seru, Ada Sinyal Duet Isdianto-Ansar

Lain halnya dengan karantina perorangan atau self isolation. Hal itu efektif manakala diimplementasikan di masyarakat, tentunya untuk kasus dengan keluhan ringan atau tanpa keluhan.

Menurutnya hampir 80 persen dari kasus positif berada dalam keluhan gejala ringan sampai sedang yang sebenarnya dengan isolasi diri di rumah sudah cukup efektif.

“Keberadaan RS Darurat Wisma Atlet ditujukan sebagai barrier awal untuk mengurangi beban RS rujukan,” imbuh dr. Achmad.

Namun, tambahnya, yang paling utama dalam pengelolaan pencegahan dan pengendalian Covid-19 adalah masyarakat menjaga jarak fisik satu sama lain. Sehingga diharapkan kondisi ini dapat mempercepat pemutusan rantai penularan yang ada di masyarakat. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03