26 April 2024 - 10:01 10:01

14 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan

WartaPenaNews, Jakarta – Daun kucai adalah salah satu tanaman herbal yang masuk dalam keluarga bawang (Allium) dan rempah-rempah.

Kucai yang memiliki nama latin Allium tuberosum ini, ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun kucai telah lama digunakan sebagai obat, karena kandungan di dalamnya.

Daun kucai rendah kalori, tetapi relatif tinggi vitamin A dan C. Daun berongga dan runcing ini juga mengandung kalsium, magnesium, kolin, folat, karoten lutein, zeaxanthin, vitamin K, fosfor, dan potasium.

Berikut, adalah 14 manfaat kucai untuk kesehatan Anda, seperti dikutip dari Sehat Secara Alami:

1. Menurunkan risiko kanker
Manfaat daun kucai di antaranya dapat menurunkan risiko kanker prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang pria dengan asupan daun kucai yang tinggi memiliki risiko kanker prostat rendah. Bahkan, penelitian lain menghubungkan konsumsi Allium dengan pencegahan kanker perut dan kerongkongan.

2. Mengatasi peradangan
Daun kucai mengandung kolin yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, kemampuan mengingat dan membantu melawan peradangan. Selain itu, folat sendiri juga dipercaya mengurangi depresi, menjaga suasana hati dan nafsu makan.

3. Menurunkan kolesterol
Kandungan potasium, allicin dan kuersetin yang ada di daun kucai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan plak arteri. Selain itu, kesehatan jantung terjaga dengan baik dan risiko aterosklerosis yang lebih rendah.

4. Menjaga kesehatan tulang
Daun kucai juga berguna bagi kesehatan tulang, dengan menjaga kepadatannya. Hal ini bisa diperoleh, karena daun kucai mengandung vitamin K yang berkontribusi untuk menjaga kondisi tulang.

5. Menjaga kesehatan otak
Manfaat daun kucai lainnya yang berguna bagi tubuh, karena kandungan kolinnya. Kolin adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan otak, mengatur mood dan mempertajam ingatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, tingginya asupan kolin dapat meningkatkan fungsi kognitif otak serta penyimpanan memori visual dan verbal

6. Menjaga kesehatan ginjal
Senyawa sulfur yang terdapat pada daun kucai dapat memperbaiki fungsi ginjal. Ginjal yang sehat adalah ginjal yang fungsinya terjaga dengan baik.

7. Menjaga kesehatan janin
Manfaat kucai yang satu ini berguna bagi ibu hamil. Seperti diketahui kucai mengandung folat yang cukup banyak. Asam folat sangat penting untuk sintesis DNA dan pembelahan sel. Kadar folat yang cukup selama kehamilan dapat mencegah cacat pada bayi

8. Menjaga kondisi pencernaan
Senyawa di dalam daun kucai bertugas sebagai antibakteri dan antioksidan. Antibakteri membantu mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sedangkan antioksidan, memperbaiki kerusakan maupun gangguan sistem pencernaan akibat radikal bebas.

9. Menjaga kesehatan mata
Manfaat kucai yang banyak orang tidak tahu adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Kandungan zeaxanthin dan karoten lutein dipercaya dapat mengurangi stres oksidatif pada mata dan memperlambat perkembangan katarak.

10. Menurunkan asam urat
Senyawa kuersetin dan beberapa senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan, membuat daun kucai dapat digunakan untuk menghambat aktivitas xanthine oxidase yang merupakan pemicu kenaikan asam urat. Manfaat kucai dapat membuat kadar asam urat normal apabila dikonsumsi secara rutin.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kombinasi allicin dan sifat antibakteri yang ada di tanaman kucai dapat berguna untuk proses detoksifikasi tubuh. Selain itu, vitamin C dan E yang terdapat pada kucai bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan secara keseluruhan.

12. Menurunkan darah tinggi
Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat daun kucai sebagai penurun darah tinggi, mungkin karena adanya kandungan senyawa kuersetin. Karena itu, banyak orang memanfaat daun kucai sebagai cara menurunkan darah tinggi yang alami.

13. Menjaga kesehatan otak
Area lain di mana asam folat bermanfaat adalah fungsi kognitif. Studi menunjukkan bahwa suplementasi asam folat dapat meningkatkan memori, kecepatan pemrosesan informasi, dan kecepatan sensorimotor, yang semuanya cenderung menurun, seiring bertambahnya usia. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi suplemen asam folat dapat mengurangi risiko stroke.

14. Membantu menyembuhkan luka
Sejumlah penelitian lain mengungkapkan, senyawa allicin yang ditemukan pada daun kucai dapat mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sterilitas luka. Sifat antijamur allicin menunjukkan bahwa hal itu dapat digunakan dalam pengobatan atau pencegahan berbagai infeksi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 08:08
Stok Beras Nasional Dipastikan Aman

WARTAPENANEWS.COM – Perum Bulog memastikan pasokan beras masih aman. Secara nasional, stok pangan dasar ini mencapai 1,45 juta ton. Jumlah cadangan beras pemerintah (CBP) itu sudah termasuk penyerapan 633.000 ton

01
|
26 April 2024 - 07:09
Tante yang Bunuh Keponakan di Tangerang Terungkap

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menangkap wanita berinisial LN (40) setelah membunuh bocah berinisial EV berusia 7 tahun di Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. Diketahui, korban merupakan keponakan dari pelaku LN. Kapolres Metro

02
|
26 April 2024 - 06:10
Dalam Sehari, Pelaku Begal HP Bocah Depok Beraksi di 3 Tempat

WARTAPENANEWS.COM – Kapolres Metro Depok Kombes Pol Arya Perdana mengungkapkan duo pelaku begal yang viral usai membacok seorang pelajar SMPN 2 Kota Depok berinisial DT di Jalan Anggrek 5, Depok

03