29 April 2024 - 17:08 17:08

21 Gejala COVID-19 yang Patut Diwaspadai

WartaPenaNews, Jakarta - Seorang pakar memberi peringatan bahwa ada 21 gejala berbeda dari COVID-19 yang harus diwaspadai dan sebagian besar tampak seperti flu biasa.

Sejak dimulainya pandemi, batuk terus menerus, suhu tinggi dan kehilangan indra perasa serta penciuman telah dinyatakan sebagai gejala utama COVID-19.

Seorang ilmuwan mengatakan bahwa orang-orang harus segera mengetahui bahwa ada lebih dari tiga tanda klasik tersebut. Profesor Tim Spector dari King’s College London dan memimpin penelitian gejala COVID-19 kini mengatakan bahwa tergantung pada seberapa terlindunginya Anda dari vaksin, maka gejala-gejala ini bisa menjadi berbeda.

Dara dari tim ZOE di Inggris mengungkap kasus virus ini naik hingga 18 persen. Di antara mereka yang tidak divaksin, ada sekitar 15.099 infeksi baru. Sebaliknya, ada 4.023 kasus baru pada mereka yang baru setengah atau sudah divaksinasi penuh.

Data dari aplikasi itu menunjukkan bahwa angka positif lebih tinggi pada orang dengan dosis vaksin pertama dibandingkan mereka yang sudah mendapat dua dosis vaksin.

Profesor Spector mengatakan bahwa sejak awal pandemi, data dari aplikasinya menunjukkan bahwa ada gejala lebih banyak dari gejala klasik yang terdaftar di Departemen Kesehatan.

“Orang-orang harus segera mengetahui bahwa ada lebih dari tiga gejala klasik. Gejala teratas yang masuk ke dalam aplikasi ZOE adalah sakit kepala, hidung meler, bersin, kelelahan dan radang tenggorokan, yang bagi sebagian besar orang akan terasa seperti flu biasa,” ujarnya dikutip laman The Sun.

“Semakin awal orang terinfeksi, semakin cepat mereka bisa melakukan isolasi mandidi hingga gejalanya mereda dan menghentikan penyebaran. Kami mendorong siapapun yang mengalami gejala untuk segera melakukan tes dan tetap di rumah,” lanjutnya.

Sekitar satu di antara 264 orang di Inggris saat ini diperkirakan mengalami COVID-19 bergejala, tapi apakah 21 gejala utama yang harus diperhatikan?

1. Suhu tinggi (demam)
2. Menggigil
3. Batuk terus menerus
4. Perubahan atau kehilangan indra penciuman
5. Perubahan atau kehilangan indra perasa
6. Sakit kepala
7. Kelelahan tidak biasa
8. Radang tenggorokan
9. Kebingungan yang tiba-tiba
10. Ruam kulit
11. Perubahan pada mulut atau lidah
12. Jari atau ibu jari kaki Covid (Covid toes)
13. Sesak napas
14. Nyeri dada
15. Nyeri otot
16. Suara serak
17. Diare
18. Hilang nafsu makan
19. Sakit perut
20. Hidung berair
21. Bersin

Profesor Spector juga menggarisbawahi bahwa gejala-gejala tersebut bisa berbeda pada orang-orang yang memiliki tingkat perlindungan yang berbeda.

“Setelah dua dosis vaksin sakit kepala masih nomor satu, hidung berair nomor dua, bersin dan radang tenggorokan. Jika Anda sudah mendapat satu dosis vaksin gejalanya cukup mirip kecuali batuk yang berada di nomor lima,” lanjutnya.

Namun, jika Anda belum divaksin sama sekali, kata Profesor Spector, Anda masih bisa mengalami gejala sakit kepala, radang tenggorokan, hidung berair, dan kemungkinan besar mengalami deman dan batuk.

“Beberapa hal sedikit berbeda, Anda bisa melihat bagaimana vaksin melindung Anda mendapat lebih dari gejala klasik. Jika Anda sudah mendapat vaksin, demam tidak berada di lima teratas jadi jangan bergantung pada ini sebagai indikator apakah Anda terinfeksi atau tidak,” tambahnya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03