1 Juni 2023 - 09:47 9:47

24,8 Juta Belum Masuk DPT, dari 31 Juta Data Pemilik KTP Elektronik

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis mengatakan 6,2 juta data dari 31 juta data pemilik KTP elektronik yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah terverifikasi sehingga nantinya dapat dimasukan dalam DPT hasil perbaikan. Sehingga tersisa 24,8 juta suara yang belum masuk DPT.

“Informasi tadi pagi ada sekitar 6,2 juta dari 31 juta yang benar adanya, ini kita masukan ke dalam daftar pemilih, yang lain ada yang tidak memenuhi syarat, ada yang sudah masuk dalam DPT, sehingga tidak kita masukan,” katanya usai diskusi di Media Center Bawaslu, Jakarta, Rabu (5/12).

Viryan mengatakan, 31 juta data warga yang telah memiliki KTP elektronik dari Kementerian Dalam Negeri namun belum masuk DPT, saat ini verifikasinya hampir selesai seratus persen.

“Data hingga hari ini 98 persen, kita yakin ini bisa diselesaikan teman-teman sekalian,” katanya.

Ia menyampaikan KPU terus berupaya memperbaiki DPT dengan menerima masukan data dari berbagai pihak. Data tersebut kemudian diverifikasi keberadaannya untuk dilakukan pencocokan dan penelitian.

“Selama benar adanya, dengan semangat melindungi hak warga negara kita masukan ke dalam daftar pemilih,” katanya.

Ia mengatakan perbaikan data DPT terus dilaksanakan, termasuk diantaranya dengan PKPU no 11/2018 yang memungkinkan masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik masuk dalam DPT.

Mereka yang belum memiliki KTP elektronik dapat menggunakan surat keterangan Dinas Dukcapil setempat untuk dimasukan dalam DPT. Diharapkan dengan demikian DPT yang ada semakin baik.

Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemliu (KIPP) Kaka Suminta mengatakan KPU perlu melakukan upaya untuk memastikan bahwa hak konstitusional warga negara tidak hilang.

Menurut dia, masih ada ruang bagi KPU memperbaiki DPT sehingga kredibilitas data tidak diragukan.

Ia mengatakan ada dua hal penting yang perlu dicermati dan diupayakan. Pertama adalah langkah terukur dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh jajaran KPU. “Keduanya terbuka, terkomunikasikan sehingga semua pihak terutama parpol dan peserta pemilu dapat mengakses tentang hal itu,” katanya.

Sementara itu, KPU telah tiga kali rekapitulsi penetapan DPT. Namun hingga kini, DPT tersebut masih terjadi sejumlah kendala. Terakhir rapat pleno penetapan rekapitulasi DPT pemilu 2019 digelar pada 15 November 2019. Dalam rapat tersebut, disepakati untuk perbaikan DPT dan diberikan waktu maksimal 30 hari. (ant)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

penemuan mayat
Mayat Tanpa Busana di Depok Sulit Diidentifikasi karena Kondisi Tak Utuh
000_99B6ZA
Duel Manchester City Vs Arsenal: Laga Berburu Gelar
Leunca
Khasiat Menakjubkan Konsumsi Leunca untuk Obati Asam Urat
Jalan Tol Serbaraja bakal mendongkrak jalur distribusi daerah penyangga ibu kota Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)
Tol Anak Usaha Sinar Mas Land, Koneksikan Jakarta-Tangerang-Banten
tulang
Kenali dan Rawat Tulang Belakang Anda dengan Kasur yang Tepat
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
Batu akik pancawarna
Batu Akik Pancawarna di Garut Bangkit Kembali
Rossarin Klinhom Foto: BabeOfTheDay
Model Seksi Asal Thailand Ini Gunakan Pakaian Dalam saat Main Kayak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
siswi
Siswi Kelas 1 SMP Ini Sudah Bersetubuh dengan Belasan Teman Prianya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
1 Juni 2023 - 06:12
Sabet 7 Gelar, Sevilla jadi Sang Raja Liga Europa

wartapenanews.com - Sevilla sukses mempertahankan tradisi mereka sebagai penguasa Liga Europa dengan menumbangkan AS Roma dalam drama adu penalti yang penuh ketegangan di final Liga Europa, Kamis dini hari WIB

01
|
1 Juni 2023 - 05:35
Pengen Jadi Karyawan PT Pegadaian, Simak Informasi Lowongan Berikut Ini

wartapenanews.com -  PT Pegadaian membuka kesempatan bagi para pencari kerja muda yang ingin mewujudkan mimpinya menjadi karyawan PT Pegadaian. Kali ini lowongan kerja diperuntukkan bagi para lulusan S1 berpengalaman di

02
|
31 Mei 2023 - 16:30
Pegadaian Gelar Pelatihan untuk Mengembangkan UMKM Nasional

wartapenanews.com - PT Pegadaian menggelar pelatihan dan pengembangan UMKM secara nasional sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi UMKM. GadePreneur merupakan program pelatihan dan pengembangan UMKM

03