27 April 2024 - 13:45 13:45

25 Pegawai Unhas Makassar Positif Corona Tanpa Gejala

WartaPenaNews, Jakarta – Sebanyak 25 pegawai Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dinyatakan positif terpapar Corona Covid-19. Mereka diketahui positif setelah jalani tes swab.

Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman, menjelaskan upaya tes swab untuk menindaklanjuti laporan empat pegawai yang sebelumnya lebih dulu terinfeksi Corona.

“Berdasarkan contact tracing, keempat pegawai tersebut kemungkinan terpapar dari luar kampus. Meski demikian, Unhas berkomitmen untuk memastikan seluruh pegawai dalam keadaan sehat dan terhindar dari infeksi virus Corona,” ujar Ishaq, Rabu, 24 Juni 2020.

Dia menyampaikan instruksi Rektor Unhas agar seluruh pegawai menjalani rapid test sebagai langkah pencegahan penularan.

Pun, Ketua Tim Satgas Covid-19 Unhas, yang juga Dekan Fakultas Kedokteran, Prof dr Budu, menjelaskan upaya screening terhadap seluruh pegawai Unhas ini merupakan langkah strategis.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, Unhas berkomitmen total dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Seluruh pegawai yang dinyatakan positif tersebut kondisinya dalam keadaan sehat, tidak ada gejala sakit apapun yang kita temui. Coba bayangkan kalau kita tidak melakukan pemeriksaan massal. Mereka ini tentu bisa menjadi sumber penularan bagi ribuan pegawai lainnya,” kata Prof Budu.

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, menjelaskan masyarakat harus memiliki cara pandang baru terhadap Covid-19. Virus ini memang menyebar dan berada di sekitar warga, tetapi ini bukan hal memalukan. Siapa saja, tanpa kenal strata sosial, berpotensi terpapar.

“Covid-19 bukan aib. Ini bukan hal memalukan. Jangan takut memeriksakan diri, dan jangan malu jika terkena. Unhas memilih langkah ini untuk memberikan contoh, sambil menyiapkan protokol untuk tindak lanjut,” tutur Prof Dwia.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03