2 Februari 2023 - 18:52 18:52
728x90

4 Cara Ampuh Cegah Bau Badan, Apa Saja?

WartaPenaNews, Jakarta – Menghirup aroma yang tak sedap tentu saja menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi siapa pun. Tak hanya membuat Anda tak nyaman dengan bau nya, tapi juga orang-orang yang berada di sekitar.

Bau badan jangan dibiarkan begitu saja dan harus diatasi supaya tidak menganggu. Berikut tips mencegah bau badan tak sedap:

1. Menjaga kebersihan tubuh
Sebaiknya Anda mandi sebanyak 2 kali dalam sehari. Saat mandi, pastikan sabun dan air meliputi seluruh bagian tubuh. Lipatan-lipatan tubuh seperti pada ketiak atau paha bisa menjadi area yang lebih lembap dibanding bagian tubuh lainnya, sehingga harus dipastikan bersih agar tidak menjadi tempat ideal berkembangnya bakteri.

Menggunakan sabun antibakteri saat mandi juga dapat membantu Anda mengatasi bau badan tak sedap. Pastikan juga memotong rambut ketiak secara teratur untuk menghindari berkembangnya bakteri penyebab bau badan tak sedap.

2. Menggunakan deodoran
Sudah menjadi rahasia umum bahwa deodoran cukup efektif digunakan untuk mencegah bau badan tak sedap. Deodoran bekerja dengan mencegah perkembangan bakteri pada bagian tubuh yang berkeringat.

Alangkah lebih baik jika Anda juga menggunakan antiperspiran yang bekerja dengan menghambat keluarnya keringat. Dengan menggunakan deodoran dan antiperspiran, Anda dapat melakukan perlindungan ganda dari bakteri penyebab bau badan tak sedap.

3. Memilih pakaian dari bahan yang tepat
Beberapa jenis pakaian memiliki bahan yang dapat membantu meminimalkan bau badan. Bahan seperti katun dapat memberikan ruang bagi keringat untuk menguap, sehingga tidak terperangkap di kulit.

Keringat yang terperangkap tentu saja dapat menimbulkan bau badan tak sedap, terutama pada saat berolahraga atau beraktivitas di cuaca yang panas.

Selain pemilihan bahan pakaian, Anda perlu memastikan kebersihan setiap pakaian yang digunakan. Hindari penggunaan pakaian secara berulang tanpa dicuci karena dapat mengandung bakteri. Jika Anda mudah berkeringat, lebih baik ganti pakaian dalam lebih sering.

4. Menghindari makanan pemicu bau badan
Beberapa makanan terbukti dapat mencetuskan bau badan tak sedap, seperti bawang putih, brokoli, dan bawang bombay. Oleh karena itu, Anda perlu menghindarinya.

Jika ingin mengonsumsinya, batasi jumlahnya. Selain itu, beberapa minuman juga perlu dibatasi konsumsinya karena dapat meningkatkan produksi keringat, yaitu kopi dan alkohol.

Nah, kini sudah tahu, kan, apa saja penyebab bau badan tak sedap di tubuh Anda? Cobalah beberapa kiat di atas untuk mencegahnya. Jika belum berhasil, berkonsultasilah lebih lanjut dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Karena bisa jadi, masalah bau badan yang Anda alami didasari oleh masalah kesehatan yang lebih serius. (*/dbs/klikdokter)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03