29 March 2024 - 01:23 1:23

4 Cara Ampuh Cegah Bau Badan, Apa Saja?

WartaPenaNews, Jakarta – Menghirup aroma yang tak sedap tentu saja menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi siapa pun. Tak hanya membuat Anda tak nyaman dengan bau nya, tapi juga orang-orang yang berada di sekitar.

Bau badan jangan dibiarkan begitu saja dan harus diatasi supaya tidak menganggu. Berikut tips mencegah bau badan tak sedap:

1. Menjaga kebersihan tubuh
Sebaiknya Anda mandi sebanyak 2 kali dalam sehari. Saat mandi, pastikan sabun dan air meliputi seluruh bagian tubuh. Lipatan-lipatan tubuh seperti pada ketiak atau paha bisa menjadi area yang lebih lembap dibanding bagian tubuh lainnya, sehingga harus dipastikan bersih agar tidak menjadi tempat ideal berkembangnya bakteri.

Menggunakan sabun antibakteri saat mandi juga dapat membantu Anda mengatasi bau badan tak sedap. Pastikan juga memotong rambut ketiak secara teratur untuk menghindari berkembangnya bakteri penyebab bau badan tak sedap.

2. Menggunakan deodoran
Sudah menjadi rahasia umum bahwa deodoran cukup efektif digunakan untuk mencegah bau badan tak sedap. Deodoran bekerja dengan mencegah perkembangan bakteri pada bagian tubuh yang berkeringat.

Alangkah lebih baik jika Anda juga menggunakan antiperspiran yang bekerja dengan menghambat keluarnya keringat. Dengan menggunakan deodoran dan antiperspiran, Anda dapat melakukan perlindungan ganda dari bakteri penyebab bau badan tak sedap.

3. Memilih pakaian dari bahan yang tepat
Beberapa jenis pakaian memiliki bahan yang dapat membantu meminimalkan bau badan. Bahan seperti katun dapat memberikan ruang bagi keringat untuk menguap, sehingga tidak terperangkap di kulit.

Keringat yang terperangkap tentu saja dapat menimbulkan bau badan tak sedap, terutama pada saat berolahraga atau beraktivitas di cuaca yang panas.

Selain pemilihan bahan pakaian, Anda perlu memastikan kebersihan setiap pakaian yang digunakan. Hindari penggunaan pakaian secara berulang tanpa dicuci karena dapat mengandung bakteri. Jika Anda mudah berkeringat, lebih baik ganti pakaian dalam lebih sering.

4. Menghindari makanan pemicu bau badan
Beberapa makanan terbukti dapat mencetuskan bau badan tak sedap, seperti bawang putih, brokoli, dan bawang bombay. Oleh karena itu, Anda perlu menghindarinya.

Jika ingin mengonsumsinya, batasi jumlahnya. Selain itu, beberapa minuman juga perlu dibatasi konsumsinya karena dapat meningkatkan produksi keringat, yaitu kopi dan alkohol.

Nah, kini sudah tahu, kan, apa saja penyebab bau badan tak sedap di tubuh Anda? Cobalah beberapa kiat di atas untuk mencegahnya. Jika belum berhasil, berkonsultasilah lebih lanjut dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Karena bisa jadi, masalah bau badan yang Anda alami didasari oleh masalah kesehatan yang lebih serius. (*/dbs/klikdokter)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03