29 April 2024 - 10:06 10:06

5 Fakta Unik Mengenai Pelajar di Korea

WartaPenaNews, Jakarta - Pelajar di Korea digambarkan sebagai pelajar yang pekerja keras. Persaingan yang sangat ketat kerap kali ditunjukan dalam drama atau film Korea tentang sistem pendidikan mereka.

Berbeda dengan pelajar di Indonesia, ternyata pelajar Korea memiliki fakta unik yang mungkin belum kamu ketahui. Fakta unik apa saja?

1.Jam Belajar
Semakin tinggi tingkatan sekolahnya, maka akan semakin lama jam berlajarnya. Rata-rata pelajar sekolah dasar akan belajar di sekolah dari jam 08.40 sampai denga jam 15.00. Sedangkan pelajar SMP akan memulai di jam yang sama namun berakhir di jam 16.00.

Berbeda dengan pelajar tingkat SMA. Mereka akan memulai jam pelajaran dari jam 08.00 sampai dengan pukul 19.00. Tak sampai di situ, mereka akan mengikuti les hingga pukul 22.00. Beberapa pelajar akan melanjutkan belajar sendiri di rumah atau perpustakaan umum sampai pukul 23.00.

2. Selalu Membawa Tisu Dalam Tas
Dengan tujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa pada kebersihan, beberapa sekolah tidak menyediakan tisu di toilet siswa. Mereka diwajibkan membawa tisu toilet sendiri.

3. Kesehatan Gigi Sangatlah Penting
Mungkin kamu pernah melihat beberapa adegan dalam drama para pelajar Korea membersihkan gigi mereka setelah jam makan siang. Kamu juga mungkin pernah melihat ember-ember kecil berisi sikat gigi yang disimpan di kelas dalam drama Korea.

Masyarakat Korea memang sangat memperhatikan kesehatan gigi. Untuk itu, pihak sekolah juga menyediakan banyak wastafel di lorong sekolah untuk memudahkan para pelajar membersihkan gigi mereka

4. Menu Makan Siang
Menu makan siang pelajar Korea juga sering ditampilkan dalam drama. Kamu mungkin pernah melihat bagaimana ibu kantin membagikan makanan pada para siswa saatt jam makan siang. Makanan mereka terbilang sehat dan enak. Pihak sekolah memperhatikan gizi para muridnya. Susu, buah dan yoogurt menjadi beberapa jenis makanan yang kerap kali dihidangkan dalam menu makan siang di sekolah.

5. Masuk Di Hari Sabtu
Beberapa sekolah di Korea menerapkan sistem 5,5 hari sekolah. Senin sampai Jumat mereka menerapkan waktu normal, namun saat hari Sabtu, kegiatan belajar mengajar hanya berlangsung setengah hari. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03