10 May 2024 - 20:54 20:54

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Gunakan Serum Vitamin C

WartaPenaNews, Jakarta – Serum vitamin C kini sudah menjadi salah satu bagian dari perawatan wajah dan kulit harian banyak wanita, terutama di perkotaan. Serum wajah ini klaim mampu membuat kulit lebih cerah dan sekaligus menunda penuaan lebih dini.

Dan meskipun cukup aman dan lembut untuk digunakan pada semua jenis kulit, beberapa kesalahan dapat mengurangi keefektifannya. Alih-alih mendapatkan kulit wajah glowing malah sebaliknya, karena Anda tidak tepat baik dalam penggunaan maupun produknya.

Dikutip dari Bebeautiful, berikut adalah 5 kesalahan yang mungkin Anda lakukan saat menggunakan serum vitamin C. Dan kami juga memberikan solusi cara menghindarinya sehingga serum bekerja dengan baik.

1. Waktu pemakaian
Meskipun tidak ada aturan pasti untuk memakai serum vitamin C, namun umumnya dianjurkan untuk menggunakannya di pagi hari. Saat dipasangkan dengan tabir surya, serum dapat meningkatkan faktor perlindungan matahari dari vitamin C.

Pastikan untuk membiarkan serum benar-benar mengering di kulit wajah sebelum keluar rumah, karena paparan cahaya dapat mengurangi keefektifannya.

2. Urutan pemakaian
Sangat penting untuk melapisi kulit wajah dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk serum vitamin C, paling baik dipakai setelah menggunakan toner.

Ambil beberapa tetes di telapak tangan dan tepuk lembut di kulit wajah. Beri waktu beberapa menit agar terserap seluruhnya, lalu tutup dengan pelembab.

3. Konsentrasi
Tidak seperti bahan trendi lainnya, seperti retinol dan niacinamide, serum vitamin C tidak dibuat dengan proses atau basa yang sama. Misalnya, suatu produk mungkin mengklaim mengandung vitamin C di dalamnya, tetapi dalam bentuk ekstrak sitrat.

Ini berbeda dengan asam L-askorbat, yang sebenarnya merupakan bentuk vitamin C kuat yang dapat memenuhi kebutuhan kulit. Pastikan memilih produk dengan konsentrasi yang tepat antara 5 – 20 persen, dan formula yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit.

4. Campuran bahan
Saat memilih serum vitamin C yang tepat untuk Anda, periksa formulasi produk secara keseluruhan. Jika produknya adalah serum bahan tunggal, Anda hanya perlu memilih konsentrasi yang tepat.

Tetapi ada serum di luar sana yang menambahkan campuran bahan untuk lebih menstabilkan kandungan vitamin C, dan memberikan manfaat tambahan. Jadi pastikan periksa label untuk menilai apakah tepat untuk perawatan kulit Anda atau tidak.

5. Penggunaan
Meskipun vitamin C cukup mudah beradaptasi dan dapat dipasangkan dengan sebagian besar bahan, disarankan untuk tidak menggunakannya dengan benzoil peroksida dan retinoid dalam rutinitas yang sama. Karena bila digunakan bersamaan, bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama untuk jenis kulit sensitif.

Nah itulah lima kesalahan yang mungkin Anda lakukan saat menggunakan serum vitamin C di rumah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
10 May 2024 - 12:34
Di Pilgub Jatim, Khofifah Ingin Berpasangan Lagi dengan Emil Dardak

WARTAPENANEWS.COM – PAN menyatakan kesiapannya mendukung penuh Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah ingin kembali maju Pilgub Jatim berpasangan dengan wakilnya, Emil Elestianto Dardak atau Emil

01
|
10 May 2024 - 11:13
Polisi Selidiki Terkait Wanita di Kebayoran Baru Jadi Korban Begal Payudara

WARTAPENANEWS.COM –  Aksi begal payudara terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/5) malam. Peristiwa itu terekam CCTV dan viral di sosial media. Dalam video yang beredar, terlihat

02
|
10 May 2024 - 10:51
Pedangdut Senior Jhonny Iskandar Tutup Usia

WARTAPENANEWS.COM – Pedangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia di usia 63 tahun, pada Jumat (10/5/2024). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Dewi, salah satu keponakan sang pedangdut. "Iya, Jhonny Iskandar sudah

03