5 Keuntungan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

oleh -
Ilustrasi Membaca Alquran Foto: Dream.co.id

WartaPenaNews, Jakarta – Bulan suci Ramadan yang telah ditunggu-tunggu telah tiba. Di bulan suci yang penuh berkah ini, para umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba mengumpulkan pahala, dengan berbuat kebaikan terhadap sesama dan memperbanyak amal ibadah.

Salah satu ibadah yang paling dianjurkan untuk diamalkan di bulan Ramadan ini, adalah tadarus Alquran. Kegiatan membaca dan memahami kitab suci umat Islam tersebut, merupakan ibadah yang paling populer lho di bulan Ramadan ini.

Dengan rutin melakukan tadarus Alquran, kita gak hanya akan memperkuat keimanan dan menambah ilmu agama Islam saja, tetapi juga akan merasakan beberapa manfaat besar lainnya.

Selain dapat menambah pahala, tadarus alquran atau kegiatan membaca quran secara bersama memiliki banyak keuntungan. Simak penjelasannya di sini.

Di bulan Ramadan, pahala seorang muslim yang melakukan ibadah akan berlipat ganda. Oleh karenannya, melakukan kegiatan yang berkaitan dengan ibadah sangat dianjurkan,

Nah, salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di bulan ramadhan adalah tadarus alquran. Selain dapat memperbanyak pahala, membaca kita suci alquran secara bersama sama juga memberikan banyak manfaat.

BACA JUGA:   Bau Urine Menyengat? Bisa Jadi Anda Menderita Penyakit Ini

Apa saja manfaat tadarus alquran di bulan Ramadan? Yuk, cek penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Nah, berikut ini 5 keuntungan membaca Alquran di bulan Ramadan.

1. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan dari tadarus Alquran di bulan Ramadan adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Segala amal ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan ini akan diberikan pahala yang berlipat ganda lho oleh Allah SWT, tak terkecuali tadarus Alquran, yang merupakan ibadah yang paling dianjurkan untuk diamalkan, di bulan penuh ampunan ini.

Membaca satu huruf Alquran, akan dibalas dengan 10 kebajikan oleh Allah SWT, seperti yang telah diriwayatkan oleh Iman-At Tirmidzi dalam hadist Rasullah SAW. Nah, hanya membaca satu huruf saja, akan mendapatkan 10 kebajikan, bagaimana jika kita membaca lebih dari satu huruf? Tentunya akan banyak sekali pahala yang akan kita dapat. Oleh sebab itu, daripada melakukan kegiatan yang tidak ada artinya, seperti hanya bermalas-malasan saja, lebih baik memperbanyak pahala dengan rutin melakukan tadarus Alquran.

2. Mempererat ikatan ukhuwah Islamiyah

BACA JUGA:   Bau Urine Menyengat? Bisa Jadi Anda Menderita Penyakit Ini

Nah, ini dia salah satu manfaat terbesar dari tadarus Alquran di bulan Ramadan, yaitu mempererat ukhuwah Islamiyah, atau persaudaraan sesama umat Islam. Dengan mengikuti kegiatan tadarus Alquran di masjid atau mushola, maka akan menyambung silaturahmi dengan sesama saudara muslim lainnya, yang mungkin saja sempat terputus karena sibuk dengan aktivitas sehari-hari yang sangat padat.

Dengan rutin mengikuti kegiatan tadarus Alquran di masjid atau mushola selama bulan Ramadan, akan meningkatkan interaksi dengan sesama kaum Muslimin, yang secara tidak langsung juga akan mempererat ikatan ukhuwah Islamiyah.

3. Jiwa menjadi lebih tenang dan tentram
Melakukan tadarus Alquran gak hanya akan membuat kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda saja, namun juga akan memberikan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa kita. Di dalam Surat Al-Isra [17] ayat 82, dijelaskan bahwa Alquran diturunkan oleh Allah SWT, untuk menjadi obat bagi segala penyakit kejiwaan, sehingga bagi siapapun yang membacanya akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam jiwanya.

4. Terhindar dari ghibah
Dalam lingkungan sosial, ghibah seringkali terjadi. Nah, dengan mengikuti kegiatan positif seperti tadarus Alquran di masjid, maka akan membuat kita terhindar dari ghibah. Tentunya dengan catatan bahwa kita hanya fokus beribadah saja, dan tidak melakukan kegiatan lainnya yang mengarah ke ghibah. Tentunya kamu tidak ingin bukan jika pahala puasa berkurang gara-gara ghibah yang tidak ada artinya?

BACA JUGA:   Bau Urine Menyengat? Bisa Jadi Anda Menderita Penyakit Ini

5. Mendapatkan syafaat di hari kiamat
“Amalan puasa dan membaca AlQuran akan memberi syafaat bagi seorang hamba di hari kiamat nanti. Puasa berkata: Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberikannya syafa’at kepadanya. Dan Alquran pun berkata: Aku menahannya dari waktu tidur di malam hari, maka izinkanlah aku memberikan syafaat kepadanya, maka keduanya pun diizinkan memberikan syafa’at.” [HR. Ahmad, Shahih At-Targhib: 1429]

Nah, manfaat terakhir dari tadarus Alquran di bulan Ramadan adalah mendapatkan syafaat di hari kiamat. Sesuai dengan penjelasan dari hadist diatas, bahwa siapapun yang menjalankan ibadah puasa dan membaca Alquran, akan mendapatkan syafaat dari kedua ibadah tersebut pada hari kiamat nanti, atas izin Allah SWT. (mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *