2 Februari 2023 - 15:12 15:12
728x90

5 Khasiat Serai untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

WartaPenaNews, Jakarta – Serai memang kerap digunakan ibu rumah tangga sebagai penyedap masakan karena dapat menambah wangi dan cita rasa pada masakan.

Tapi tahukah Anda bila serai juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan? Serai sebetulnya memiliki sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, asam folat, magnesium, zat besi, kalium, fosfor dan kalsium.

Tidak hanya vitamin dan energi saja, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan, antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik dan insektisida. Daun, batang dan umbi serai sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari serai, seperti dilansir laman Care2, Selasa (29/1).

1. Antikanker
Penelitian dalam International Journal of Oncology menemukan bahwa minyak atsiri serai menunjukkan efektivitas anti kanker terhadap kanker paru-paru, ketika digunakan sendiri atau bersama dengan perawatan onkologi lainnya.

2. Track urinary soother
Serai banyak digunakan oleh praktisi kesehatan alami untuk kapasitas penyembuhan saluran kemih. Buat teh serai dengan memotong satu hingga dua tangkai serai dan tambahkan ke dalam satu liter air dan didihkan selama setidaknya 45 menit. Saring dan minum tiga cangkir teh serai setiap hari untuk mengatasi infeksi saluran kemih atau sebagai bagian dari strategi meluruhkan batu ginjal yang lebih besar.

3. Penangkal nyamuk
Sementara kebanyakan orang menyukai aroma serai yang harum, nyamuk justru membencinya. Serai adalah sifat pengusir nyamuk yang efektif. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Vector Ecology, para peneliti menemukan bahwa minyak atsiri serai sangat efektif terhadap spesies nyamuk yang diuji.

4. Antibakteri
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Applied Microbiology and Biotechnology, minyak serai esensial ditemukan sangat antibakteri, bahkan terhadap beberapa strain bakteri yang resistan terhadap obat. Strain bakteri yang resistan terhadap obat adalah obat antibiotik yang tidak lagi bekerja atau tidak begitu manjur lagi. Karena resistensi antibiotik menjadi masalah yang semakin meningkat terhadap bakteri dan infeksi yang ditimbulkannya, maka semakin penting untuk mengetahui opsi alami yang mungkin berhasil.

5. Regular tekanan darah
Serai digunakan oleh banyak herbalis untuk membantu mengatur tekanan darah dan kolesterol serta untuk meningkatkan kesehatan jantung. Untuk mencapai tujuan ini, minum 3 cangkir teh serai setiap hari seperti yang disebutkan di atas. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03