29 March 2024 - 19:19 19:19

5 Khasiat Tak Terduga dari Kacang Tanah

WartaPenaNews, Jakarta – Kacang tanah merupakan makanan yang mungkin tidak begitu kamu sukai, namun ternyata makanan ini memiliki segudang manfaat yang tidak banyak diketahui orang. Nah berikut ada beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Melindungi organ Jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam kacang tanah membantu menjaga kesehatan jantung. Asam oleat dalam kacang tanah juga membantu mengurangi kolesterol “jahat”, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol “baik” dalam darah dan juga berkontribusi pada pencegahan penyakit arteri koroner dan stroke.

2. Baik untuk otak

Ini berkat kehadiran vitamin B3 atau niasin yang meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Kacang juga mengandung sejenis flavonoid yang disebut resveratrol yang meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Mendukung penurunan berat badan

Kombinasi kandungan serat, lemak sehat, dan protein dalam kacang membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan cara ini, Anda tidak harus mengalami rasa lapar yang tidak perlu dan bisa menekan keingginan makan makanan cepat saji. Kacang juga merupakan sumber energi yang baik untuk membantu meningkatkan laju metabolisme.

4. Camilan terbaik untuk penderita diabetes

Kacang tanah adalah pilihan camilan yang bagus untuk penderita diabetes karena adanya mangan, mineral yang berperan penting dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium dan regulasi gula darah. Mereka memiliki indeks glikemik rendah menjadikannya camilan yang sempurna untuk penderita diabetes.

5. Mencegah batu empedu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang dapat menurunkan risiko batu empedu pada pria dan wanita. Karena batu empedu mengandung kolesterol, efek kacang tanah dalam menurunkan kolesterol dapat membantu mengurangi risiko batu empedu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03