29 March 2024 - 03:51 3:51

5 Manfaat Daun Meniran, Atasi Diare hingga Cegah Diabetes

WartaPenaNews, Jakarta – Meniran hijau merupakan salah satu tanaman tropis yang kerap dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Bukan sekadar hiasan, nyatanya daun meniran ini mampu menjaga kesehatan tubuh bahkan mengatasi penyakit yang cukup berbahaya.

Pakar herbal dr. Afifah Felani M.Si menuturkan bahwa daun meniran biasanya tumbuh di daerah tropis khususnya area pantai. Daun meniran sendiri cukup banyak mengandung zat berkhasiat yang ampuh untuk atasi penyakit.

Lantas, apa saja manfaat daun meniran yang baik untuk tubuh? Berikut rangkumannya.

Imunitas

Faktanya, daun meniran kaya akan komponen antioksidan. Sebut saja flavon sebagai bahan penangkal radikal bebas sehingga kesehatan tubuh akan terjaga dengan baik. Selain itu, kandungan lain di dalamnya bersifat sebagai immunodulator untuk mempertahankan imunitas tubuh.

Diare

Sifat kandungan di daun meniran sendiri sebagai zat untuk atasi gangguan pada usus besar. Biasanya, gangguan tersebut berupa diare yang mampu diatasi dengan meminum air rebusan daun meniran.

Cegah kanker

Pada dasarnya, ekstrak daun meniran ini mampu melawan sel yang tumbuh tak normal, biasanya memicu perkembangan kanker. Salah satu komponennya sendiri bereaksi cepat dalam melawan sel kanker yang tumbuh di organ hati.

Hipertensi dan diabetes

Studi klinis menunjukkan bahwa konsumsi rutin air rebusan daun meniran mampu menurunkan tekanan darah sebesar 20 mmHg. Ekstrak dari daun meniran juga mampu menurunkan gula darah sehingga mencegah diabetes.

Resep daun meniran

Siapkan 2 gelas (400gr) air dan 20 batang (3gr) daun meniran. Rebus air hingga mendidih lalu tuang daun meniran 5 menit. Minum 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal serta jalankan pola hidup sehat. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03