5 Pemain Termahal yang Direkrut MU di Era Sir Alex Ferguson

oleh -
Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson

WartaPenaNews, Jakarta – Selama 26 tahun bertugas di Old Trafford, Sir Alex Ferguson populer karena usaha gigihnya untuk mengamankan para pemain berbakat yang paling menjanjikan di Eropa. Sebagai manajer Manchester United, ia telah berhasil menggaet 99 pemain selama masa jabatannya.

Menemukan pemain berbakat untuk MU memang merupakan karakteristik yang menjadi ciri khasnya. Pemain baru yang belum dikenal sering kali mengandalkannya agar bisa menjadi bintang sebagai pemain yang dikenal dunia.

Namun, ada pula masanya di mana Sir Alex Ferguson mencari pemain berbakat handal yang sudah memiliki nama. Meskipun transfer pemain bukanlah hal yang murah, Sir Alex Ferguson tidak ragu-ragu untuk mengeluarkan biaya mahal untuk ‘membeli’ mereka.

Melansir laman Sportskeeda, berikut ini 5 pemain termahal yang berhasil direkrut ke MU di era Sir Alex Ferguson.

1. Rio Ferdinand (Rp804,8 miliar)
Pada tahun 2002, pria asal Skotlandia itu pernah membuat marah penggemar Leeds United lantaran merebut salah satu bintang andalan mereka, Rio Ferdinand. Perpindahan Ferdinand dari Leeds United ke Manchester United itu memakan biaya hingga 41 juta pounds atau Rp804,8 miliar.

Saat itu, Leeds United terpaksa harus merelakan pemain andalannya karena tengah mengalami kesulitan finansial. Dalam waktu 12 tahun, Ferdinand berhasil menjadi legenda Manchester United.

2. Juan Sebastian Veron (Rp746,5 miliar)

Di tengah banyak kericuhan, Juan Sebastian Veron tiba di MU dari Lazio pada tahun 2001 dengan biaya sebesar 38 juta pounds atau Rp746,5 miliar. Dengan masuknya pemain asal Argentina itu ke MU, Sir Alex Ferguson mencoba formasi 4-4-2 menjadi 4-5-1.

Mantan pemain Lazio itu juga menjadi salah satu pemain andalan, di mana ia berhasil mencetak empat gol dalam sembilan pertandingan pertamanya di MU. Juan Sebastian Veron mengakhiri musim dengan 40 penampilan dan delapan kontribusi gol.

3. Dimitar Berbatov (Rp667 miliar)
Dimitar Berbatov sempat menjadi incaran rival sekota Manchester City. Namun, berkat kegigihan Sir Alex Ferguson, ia berhasil membawa Berbatov ke MU. Saat itu, ia bertemu dengan pemain asal Bulgaria itu di bandara Manchester dan membujuknya untuk memilih jersey merah dan putih itu.

Transfer dari Tottenham, Sir Alex Ferguson harus mengeluarkan kocek hingga 34 juta pounds atau setara dengan Rp667 miliar untuk membawa Dimitar Berbatov. Tahun 2010-2011 merupakan tahun paling produktif Berbatov selama berkarier di MU, di mana ia sukses mencetak 21 gol.

4. Wayne Rooney (Rp647,7 miliar)
Pemain termahal selanjutnya di era Sir Alex Ferguson adalah Wayne Rooney. Saat keluar dari Everton untuk bergabung dengan MU, ia baru berusia 18 tahun. Ia berhasil dibujuk untuk bergabung lantaran memiliki kesempatan emas untuk bekerja dengan pemain terbaik dunia.

Bergabungnya Rooney tentunya memberikan pengaruh pada MU, ia berhasil melayangkan 17 gol dari 43 penampilan. Namun, kontribusinya belum cukup untuk membawa MU ke Premier League.

5. Anderson (Rp549,8 miliar)
Pemain termahal kelima yang direkrut oleh Sir Alex Ferguson adalah Anderson yang dibeli dari FC Porto pada tahun 2007 dengan harga 28 juta pounds atau setara dengan Rp549,8 miliar. Sebelum bergabung dengan MU, Anderson memang sudah menunjukkan statistik yang impresif.

Ia pernah memenangkan Golden Ball dan bermain untuk Gremio. Selain MU, klub terbaik lainnya yang juga tertarik dengan Anderson adalah Real Madrid dan Chelsea. Sayangnya, kedua klub itu kalah cepat dengan Sir Alex Ferguson. (mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.