30 Januari 2023 - 14:41 14:41
728x90

5 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Debat Pilpres Keempat

WartaPenaNews, Jakarta – Polda Metro Jaya memastikan area Hotel Shangri-La Jakarta yang digunakan sebagai tempat debat keempat pilpres 2019 dalam kondisi aman. Sebanyak 5.000 personil gabungan dan dari aparat TNI-Polri dan Satpol PP Pemprov DKI Jakarta diterjunkan dalam pengamanan, Sabtu (30/3) malam nanti. Di sisi lain, aparat juga menerjunkan pasukan anjing K9. Hal ini untuk mengantisipasi ancaman teror.

“Jadi, untuk pengamanan nanti kita sudah rapat koordinasi dengan KPU, TNI, Kodam. Hasilnya, kegiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Kamis (28/3).

Lebih lanjut, Argo menegaskan pihaknya belum mendapat informasi kemungkinan pergerakan massa pendukung kedua pasangan calon dalam jumlah besar. Meski demikian, para personel tetap mengantisipasi hal itu.

“Pola pengamanan kita masih sama dengan sebelumnya, yakni kita buat ring satu sampai ring empat. Dan nanti setiap ring itu akan kita tempatkan masing-masing personel yang telah disiapkan,” ujar Argo.

Argo menjelaskan, untuk pengamanan di ring satu selain dari personel yang ada akan dijaga pula oleh tim Paspampres. Di bagian ring satu ini, diakui Argo, pihaknya memastikan ruangan tersebut steril karena merupakan lokasi debat yang diisi oleh dua Capres, pendukung kedua Capres, dan tamu VIP yang dikeluarkan KPU.

“Tentunya, masuk ke ring 1 ini melalui pintu sterilisasi. Dan pasti, tamunya sudah disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Kita akan pastikan semuanya orang yang mau masuk dicek, ada id card yang sudah dikeluarkan KPU, tanpa idcard boleh masuk disana,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengamanan ring 2 ditempatkan di sekitar area parkir basement. Di ring ini nantinya, akan disiapkan personel TNI-Polri. Kemudian, di ring 3 itu di sekitar hotel termasuk masuk ke hotel, dan jalan di depan hotel. “Untuk ring tiga personel yang jaga dari Polri,” ucap Argo.

Terakhir, kata Argo, pengamanan ring 4 yang merupakan jalan mau menuju ke lokasi, yakni ruas jalan raya, dan sejumlah lokasi persimpangan. “Intinya, di ring 4 ini semuanya kita atur agar jangan sampai ada kemacetan yang panjang,” ungkapnya.

“Nanti yang akan mengatur dari Dirlantas dengan menggunakan kekuatannya untuk mengatur, nanti setiap personelnya akan ditempatkan di berbagai titik jangan sampai ada kemacetan. Adapun nanti apakah ada pengalihan arus, contraflow, buka tutup (rekayasa lalu lintas), situasional,” terangnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03