30 Mei 2023 - 17:36 17:36

5 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Debat Pilpres Keempat

WartaPenaNews, Jakarta – Polda Metro Jaya memastikan area Hotel Shangri-La Jakarta yang digunakan sebagai tempat debat keempat pilpres 2019 dalam kondisi aman. Sebanyak 5.000 personil gabungan dan dari aparat TNI-Polri dan Satpol PP Pemprov DKI Jakarta diterjunkan dalam pengamanan, Sabtu (30/3) malam nanti. Di sisi lain, aparat juga menerjunkan pasukan anjing K9. Hal ini untuk mengantisipasi ancaman teror.

“Jadi, untuk pengamanan nanti kita sudah rapat koordinasi dengan KPU, TNI, Kodam. Hasilnya, kegiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Kamis (28/3).

Lebih lanjut, Argo menegaskan pihaknya belum mendapat informasi kemungkinan pergerakan massa pendukung kedua pasangan calon dalam jumlah besar. Meski demikian, para personel tetap mengantisipasi hal itu.

“Pola pengamanan kita masih sama dengan sebelumnya, yakni kita buat ring satu sampai ring empat. Dan nanti setiap ring itu akan kita tempatkan masing-masing personel yang telah disiapkan,” ujar Argo.

Argo menjelaskan, untuk pengamanan di ring satu selain dari personel yang ada akan dijaga pula oleh tim Paspampres. Di bagian ring satu ini, diakui Argo, pihaknya memastikan ruangan tersebut steril karena merupakan lokasi debat yang diisi oleh dua Capres, pendukung kedua Capres, dan tamu VIP yang dikeluarkan KPU.

“Tentunya, masuk ke ring 1 ini melalui pintu sterilisasi. Dan pasti, tamunya sudah disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Kita akan pastikan semuanya orang yang mau masuk dicek, ada id card yang sudah dikeluarkan KPU, tanpa idcard boleh masuk disana,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengamanan ring 2 ditempatkan di sekitar area parkir basement. Di ring ini nantinya, akan disiapkan personel TNI-Polri. Kemudian, di ring 3 itu di sekitar hotel termasuk masuk ke hotel, dan jalan di depan hotel. “Untuk ring tiga personel yang jaga dari Polri,” ucap Argo.

Terakhir, kata Argo, pengamanan ring 4 yang merupakan jalan mau menuju ke lokasi, yakni ruas jalan raya, dan sejumlah lokasi persimpangan. “Intinya, di ring 4 ini semuanya kita atur agar jangan sampai ada kemacetan yang panjang,” ungkapnya.

“Nanti yang akan mengatur dari Dirlantas dengan menggunakan kekuatannya untuk mengatur, nanti setiap personelnya akan ditempatkan di berbagai titik jangan sampai ada kemacetan. Adapun nanti apakah ada pengalihan arus, contraflow, buka tutup (rekayasa lalu lintas), situasional,” terangnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

penemuan mayat
Mayat Tanpa Busana di Depok Sulit Diidentifikasi karena Kondisi Tak Utuh
000_99B6ZA
Duel Manchester City Vs Arsenal: Laga Berburu Gelar
Leunca
Khasiat Menakjubkan Konsumsi Leunca untuk Obati Asam Urat
Jalan Tol Serbaraja bakal mendongkrak jalur distribusi daerah penyangga ibu kota Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)
Tol Anak Usaha Sinar Mas Land, Koneksikan Jakarta-Tangerang-Banten
tulang
Kenali dan Rawat Tulang Belakang Anda dengan Kasur yang Tepat
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Cinta Laura-Putri Marino Gaungkan Kreativitas dan Kekuatan Wanita Indonesia di Festival Film Cannes
Rossarin Klinhom Foto: BabeOfTheDay
Model Seksi Asal Thailand Ini Gunakan Pakaian Dalam saat Main Kayak
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
KDRT
Istri di Depok jadi Korban KDRT Malah Ditahan

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Mei 2023 - 09:08
KPK Tegaskan Pemberhentian Brigjen Endar Bukan Ranah Ombudsman

wartapenanews.com – KPK menyebut pemberhentian Brigjen Endar Priantoro bukan ranah kewenangan Ombudsman. Sebab pemberhentian tersebut bukan ranah pelayanan publik, tetapi hukum administrasi kepegawaian. Hal tersebut yang menjadikan KPK tidak memenuhi

01
|
30 Mei 2023 - 08:36
12 Santri di Kabupaten Bandung Diperkosa Guru Ngaji

wartapenanews.com – Oknum guru ngaji di Cilengkrang, Kabupaten Bandung, berinisial ADR berakhir di bui. Ia dibui karena memperkosa 12 santrinya. Mirisnya, para korban merupakan anak di bawah umur. Usianya rentang

02
|
30 Mei 2023 - 08:12
Megawati dengan Ganjar Pranowo Dikabarkan Ada Kontrak Politik, Ini Bantahan PDIP

wartapenanews.com – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul membantah adanya kontrak antara Ketum Megawati Soekarnoputri dengan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo. “Soal pilpres dan capres

03