50 Persen Pasien COVID-19 Gejala Ringan Alami Komplikasi Setelah 6 Bulan

oleh -
Ilustrasi Sakit Kepala

WartaPenaNews, Jakarta –  Sejak wabah virus corona yang panjang, sindrom pasca-COVID-19 menjadi perhatian umum. Sebuah penelitian baru-baru ini mengklaim bahwa 50 persen pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang juga mengalami komplikasi medis setelah enam bulan terinfeksi.

Sebelumnya sebuah penelitian yang dilakukan Lancet melaporkan bahwa lebih dari 75 persen orang yang menderita virus corona menghadapi gejala yang muncul setelah enam bulan setelah pemulihan.

Sebanyak 63 persen individu yang mengikuti eksperimen paling sering melaporkan gejala kelelahan dan nyeri otot, disertai kecemasan, depresi, nyeri, dan kesulitan tidur, dikutip dari Times of India.

BACA JUGA:   Diet Gizi Seimbang di Tengah Pandemi Bisa Membantu Tingkatkan Imunitas

Sementara sebagian besar kasus COVID-19 jangka panjang lazim terjadi pada pasien yang menderita infeksi COVID-19 parah. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan bulan ini oleh Journal of Clinical Microbiology and Infection menyatakan bahwa setengah dari pasien dengan gejala COVID-19 ringan dan sedang mengalami komplikasi setelah enam bulan

Studi ini mengamati 103 orang berusia di atas 18 tahun yang terkena virus corona antara April dan Oktober 2020. Para relawan yang terlibat dalam percobaan menderita gejala ringan dan sedang, yang menunjukkan bahwa meski mereka tidak asimtomatik, mereka juga tidak dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA:   Belajarlah dari Masa Lalu Bila Ingin Dapatkan Masa Depan yang Lebih Baik

Kelompok yang berpartisipasi ditanyai empat kali selama penelitian. Enam bulan setelah dimulainya penelitian, 46 persen memiliki setidaknya satu gejala yang menetap.

Gejala yang paling umum termasuk kelelahan (22%), kehilangan atau perubahan indra penciuman dan perasa (15%) atau kesulitan bernapas (8%). Sesuai laporan, 44% orang awalnya mengalami sakit kepala, 41% demam, 39% nyeri otot, dan 38% batuk kering. (mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *