2 Februari 2023 - 17:36 17:36
728x90

6 Khasiat Minum Rebusan Asam Jawa Setiap Hari

WartaPenaNews, Jakarta – Asam Jawa salah satu bumbu atau rempah yang sering digunakan dalam masakan. Rempah yang satu ini memiliki rasa unik yakni khas asam serta manis. Para ibu rumah tangga menggunakan asam Jawa untuk menambah rasa asam manis dalam masakan.

Ternyata, dilansir dari NDTV, Rabu (16/1), asam Jawa memiliki berbagai manfaat sehat. Minum rebusan asam Jawa bisa menambah kandungan fitonutrien dan menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Ahli Nutrisi yang berbasis di Delhi, Lokendra Tomar, asam Jawa telah lama digunakan dalam pengobatan. Bumbu manis asam merupakan antioksidan kuat yang menghambat pertumbuhan radikal bebas. Jadi, tak ada salahnya Anda mulai membiasakan diri minum air asam Jawa tiap pagi.

Berikut penjelasan manfaat asam Jawa untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Asam Jawa telah lama dijadikan sebagai pencahar alami yang merangsang metabolisme dan membuat sistem pencernaan lebih kuat. Serat memperlancar proses memindahkan feses dengan mudah melalui saluran usus. Asam Jawa juga merangsang aktivitas empedu yang melarutkan makanan dengan mempercepat pencernaan.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Kehadiran kalium dalam asam mengontrol tekanan darah dan detak jantung dengan menjaga keseimbangan cairan normal dalam tubuh. Asam Jawa juga mengandung zat besi yang memainkan peran penting dalam produksi normal dan pengembangan sel darah merah. Lebih lanjut menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

3. Turunkan Berat Badan
Asam Jawa memiliki salah satu senyawa paling penting yang dikenal sebagai asam hidroksisitrat (HCA) dan terhubung dengan penurunan berat badan karena menghambat enzim dalam tubuh. Namun harus tetap menjaga pola makan selam mengonsumsi asam Jawa.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Asam Jawa adalah sumber yang kaya akan vitamin C serta antioksidan lain yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat pertumbuhan infeksi mikroba dan jamur. Memiliki sifat antiseptik untuk menyembuhkan segala infeksi.

5. Memiliki Sifat Anti-inflamasi
Sifat anti-inflamasi diketahui dapat mengurangi masalah seperti radang sendi, nyeri sendi, kondisi rematik, dan asam urat. Asam Jawa digunakan dalam pengobatan herbal untuk menyembuhkan peradangan.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata
Asam Jawa kaya dengan vitamin A, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Lalu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak akibat usia. Memiliki senyawa yang melindungi mata dari mata kering. Meminum ramuan rebusan asam Jawa bisa mencegah radang mata. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03