17 April 2024 - 00:10 0:10

6 Khasiat Minum Rebusan Asam Jawa Setiap Hari

WartaPenaNews, Jakarta – Asam Jawa salah satu bumbu atau rempah yang sering digunakan dalam masakan. Rempah yang satu ini memiliki rasa unik yakni khas asam serta manis. Para ibu rumah tangga menggunakan asam Jawa untuk menambah rasa asam manis dalam masakan.

Ternyata, dilansir dari NDTV, Rabu (16/1), asam Jawa memiliki berbagai manfaat sehat. Minum rebusan asam Jawa bisa menambah kandungan fitonutrien dan menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Ahli Nutrisi yang berbasis di Delhi, Lokendra Tomar, asam Jawa telah lama digunakan dalam pengobatan. Bumbu manis asam merupakan antioksidan kuat yang menghambat pertumbuhan radikal bebas. Jadi, tak ada salahnya Anda mulai membiasakan diri minum air asam Jawa tiap pagi.

Berikut penjelasan manfaat asam Jawa untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Asam Jawa telah lama dijadikan sebagai pencahar alami yang merangsang metabolisme dan membuat sistem pencernaan lebih kuat. Serat memperlancar proses memindahkan feses dengan mudah melalui saluran usus. Asam Jawa juga merangsang aktivitas empedu yang melarutkan makanan dengan mempercepat pencernaan.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Kehadiran kalium dalam asam mengontrol tekanan darah dan detak jantung dengan menjaga keseimbangan cairan normal dalam tubuh. Asam Jawa juga mengandung zat besi yang memainkan peran penting dalam produksi normal dan pengembangan sel darah merah. Lebih lanjut menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

3. Turunkan Berat Badan
Asam Jawa memiliki salah satu senyawa paling penting yang dikenal sebagai asam hidroksisitrat (HCA) dan terhubung dengan penurunan berat badan karena menghambat enzim dalam tubuh. Namun harus tetap menjaga pola makan selam mengonsumsi asam Jawa.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Asam Jawa adalah sumber yang kaya akan vitamin C serta antioksidan lain yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat pertumbuhan infeksi mikroba dan jamur. Memiliki sifat antiseptik untuk menyembuhkan segala infeksi.

5. Memiliki Sifat Anti-inflamasi
Sifat anti-inflamasi diketahui dapat mengurangi masalah seperti radang sendi, nyeri sendi, kondisi rematik, dan asam urat. Asam Jawa digunakan dalam pengobatan herbal untuk menyembuhkan peradangan.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata
Asam Jawa kaya dengan vitamin A, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Lalu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak akibat usia. Memiliki senyawa yang melindungi mata dari mata kering. Meminum ramuan rebusan asam Jawa bisa mencegah radang mata. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
16 April 2024 - 13:43
Terbang ke Uganda, Ivan Gunawan Resmikan Pembangunan Masjidnya

WARTAPENANEWS.COM - Ivan Gunawan dalam waktu dekat ini. akan terbang ke Uganda. Kepergiannya ke Uganda sendiri diketahui untuk meresmikan Masjid yang telah dibangunnya. Pria akrab disapa Igun menerangkan kalau ia

01
|
16 April 2024 - 12:13
Sopir Taksi Online Tewas Dihujani Tusukan oleh Begal

WARTAPENANEWS.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung berhasil mengamankan pelaku pembegalan yang terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada Minggu 14 April 2024 lalu. Korban pembegalan tersebut merupakan seorang sopir online,

02
|
16 April 2024 - 11:13
Ganjar akan Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

WARTAPENANEWS.COM -  Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera membacakan hasil putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres pada 22 April 2024 mendatang. Calon Presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo

03