29 March 2024 - 18:27 18:27

7 Aturan Diet Ibu Menyusui Menurut Anjuran Dokter

WartaPenaNews, Jakarta – Ibu menyusui tentu dituntut untuk bisa mengonsumsi makanan bergizi guna memperlancar ASI sebagai nutrisi utama si kecil. Namun, tak sedikit juga para wanita yang mengalami masalah berat badan usai hamil dan ingin menurunkannya menjadi lebih ideal.

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Juwalita Surapsari SpGK, dalam acara virtual bersama RS Pondok Indah, menuturkan bahwa ibu menyusui boleh menjalani diet dengan beberapa aturan. Berikut aturan yang patut dilakukan agar ASI tetap lancar namun berat badan pun ideal.

Usia anak 3 bulan

Dokter Juwalita tidak menyarankan diet dilakukan jika si kecil masih menjalani ASI Eksklusif yakni 0-6 bulan. Menurutnya, menyusui secara eksklusif pun dapat menurunkan berat badan secara tidak langsung.

“Jadi ketika suplai ASI sudah stabil, jika mau turunkan berat badan bisa di usia anak 3-4 bulan,” kata dia.

Momen tepat diet

Menurut dokter Juwalita, saat anak sudah berusia lebih dari 6 bulan atau mulai bisa mengonsumsi makanan dengan rutin, maka itu momen terbaik untuk diet. Apalagi jika usia anak sudah lebih dari 12 bulan, di mana asupannya sudah sama seperti makanan keluarga.

“Sebetulnya balita usia 15 bulan, makanan anak sudah harus seperti makanan keluarga. Untuk bisa lakukan weight loss diet kesempatannya sudah tinggi. Tapi ada aturan diet jika ingin tetap lancar asi dan bisa lanjut pumping,” tuturnya.

Aktivitas fisik

Tetap rutin menjalani aktivitas fisik, sangat baik untuk menurunkan berat badan. Disarankan hanya menjalani aktivitas fisik ringan seperti berjalan santai selama 30-45 menit setiap hari.

Pola makan

Dia menyarankan tetap rutin makan 3 kali sehari dan tidak melewatkan jadwal makan rutin. Namun yang perlu dibatasi adalah pilihan dan jumlah karbohidrat.

“Pengertian makan besar jangan selalu asumsikan makan nasi. Coba liat lagi karbohidrat ada macem-macem. Bisa pilih karbohidrat lain misal ganti 3x makan yang 1x ganti dengan jenis karbohidrat lain yang tinggi serat seperti umbi jagung,” kata dia.

Pilih protein rendah lemak

Makan secara teratur agar ASI tetap banyak. Disarankan memilih protein yang rendah lemak. Seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, atau telur. Lalu kombinasi dengan protein nabati.

Cemilan sehat

Cemilan bisa menjadi celah untuk kurangi kalori dalam sehari. Namun, pilih cemilam yang mengandung nutrisi lebih seperti edamame, kacang hijau, dan buah.

Makanan manis dibatasi

“Pemanis buatan aman buat dikonsumsi tapi apakah perlu? Jika bisa edukasi lidah untuk kurangi rasa manis maka bisa minimalisir,” paparnya.

Ia pun menyarankan minuman manis dihentikan dulu dalam program diet. Lalu tetap makan secara teratur, batasi selingan, serta cari asupan dengan intensitas kalori rendah agar ASI lancar dan berat badan turun. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03