4 May 2024 - 23:48 23:48

7 Pemanis Alami Ini Pengganti Gula Pasir yang Aman dan Sehat

WartaPenaNews, Jakarta – Pernahkah Anda mencoba pengganti gula pasir untuk dikonsumsi setiap hari? Sebagian besar orang selalu menyertakan gula untuk dijadikan bahan makanan setiap hari. Tentunya gula sulit dihindari dalam memenuhi konsumsi beragam makanan dan minuman.

Namun perlu diperhatikan pula bahwa konsumsi gula dalam jumlah berlebihan akan memicu hal yang tidak baik. Terlebih pada orang yang mengalami keadaan khusus yang justru lebih berisiko. Bila tubuh seseorang berada dalam level gula yang tinggi maka rentan terkena penyakit dan peradangan.

Di banyak produk makanan dan minuman bisa dipastikan mengandung gula yang selalu dikonsumsi. Sebagai langkah antisipasi, tips yang dapat diterapkan yaitu membuat batasan atau mengurangi takaran tertentu dalam hal konsumsi gula pada minuman dan makanan. Selain itu, kita pun boleh memakai alternatif pengganti gula yang aman.

Dengan memakai pengganti gula yang aman dengan bahan lain dapat menjadikan makanan manis dan tak perlu khawatir dengan efek buruk. Beberapa pilihan aman dan sehat pemanis alami pengganti gula bisa Anda simak di sini dan patut Anda coba.

1. Madu

Madu adalah alternatif paling populer di masyarakat untuk pengganti gula alami. Gula yang masih dalam kondisi natural dan mentah termasuk yang tersehat. Sebabnya adalah itu tidak melalui proses pasteurisasi dan punya indeks glikemik yang kecil. Sama halnya dengan madu dengan disertai enzim, zinc, antioksidan dan zat besi yang bagus untuk kesehatan.

2. Sirup Maple

Sirup maple juga dapat dijadikan bahan terbaik untuk membuat manis minuman dan makanan. Di dalamnya terdapat zinc dan potassium yang tergolong antioksidan serta berfungsi melawan radikal bebas.

3. Sirup Agave

Sirup agave adalah salah satu resep alternatif yang faktanya dapat sebagai pengganti gula. Agave mempunyai indeks glikemik yang kecil dan dapat Anda konsumsi secara sehat serta opsi terbaik untuk orang yang terkena penyakit gula darah tinggi.

4. Stevia

Stevia bisa juga Anda konsumsi untuk mengganti gula. Bahan ini tidak mengandung kalori dan begitu terkonsentrasi. Di masa sekarang, stevia termasuk salah satu bahan yang lumayan dikenal sebagai alternatif gula. Riset pun tetap harus dijalankan mengenai penemuan baru ini.

5. Gula Jawa

Gula Jawa sangat rendah indeks glikemiknya ketimbang gula biasa. Namun perlu diketahui bahwa unsur fruktosa gula jawa dengan gula putih sama saja. Untuk itu tidak boleh dimakan dalam jumlah banyak. Kelebihan gula Jawa adalah punya kandungan antioksidan dan mineral tinggi.

6. Kurma

Kurma adalah buah favorit banyak orang terutama umat Islam. Rasanya yang enak dan manis sekali membuat kurma dapat diolah untuk beraneka minuman dan makanan. Memang rasanya manis, tapi kurma mempunyai indeks glikemik rendah separuhnya dari gula putih biasa.

7. Ekstrak Luohan Guo

Anda juga bisa menggunakan ekstrak louhan guo yang manis untuk pengganti gula. Tingkat kemanisannya pun lebih baik dibanding gula pasir. Anda tidak perlu khawatir karena bahan ini punya kandungan antioksidan yang tinggi tapi rendah kalori.

Itulah beberapa bahan makanan atau minuman yang bisa Anda gunakan untuk pengganti gula. Rasanya tak perlu diragukan karena tetap manis dan lezat. Soal dampak yang ditimbulkan pun tak seberat jika kita mengonsumsi gula putih. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03