3 May 2024 - 20:18 20:18

8 Alasan Kenapa Manfaat Terong Sangat Dianjurkan Demi Tubuh Sehat dan Bugar

WartaPenaNews, Jakarta – Terong adalah sayuran yang berasal dari India dan Sri Lanka. Tanaman dengan nama ilmiah Solanum Melongena ini mempunyai cita rasa yang nikmat jika sudah diolah. Terong kerap dimasak dengan cara digoreng, direbus, hingga dibakar.

Berbagai tumis yang memakai terong sebagai bahan dasarnya selalu diburu banyak orang. Sup yang memakai terong juga tak kalah lezat. Di balik kelezatan itu, tahukah kamu apa saja manfaat terong bagi kesehatan manusia?

Manfaat terong yang disarankan untuk badan
Apapun jenis terongnya, pasti punya kandungan gizi yang beragam. Kandungan gizi itulah yang dimanfaatkan banyak orang untuk menunjang kesehatan seseorang. Kalau ingin mulai merasakan manfaat terung, simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Menambah nutrisi bagi otak

Hampir semua bagian terong berguna untuk kesehatan manusia, tak terkecuali bagian kulitnya. Bagian kulit terung kaya akan nasunin. Nasunin merupakan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak.

Zat tersebut bisa melindungi membran sel otak akan serangan radikal bebas. Selain itu, nasunin juga berfungsi untuk melancarkan distribusi gizi di sel tubuh. Bukan hanya nasunin, terong punya nutrisi lain yang baik untuk otak, yakni antosianin.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan The British Journal of Nutrition 2010 silam, dikatakan jika antosianin bertanggung jawab dalam pemicu peredaran darah ke otak. Kandunga itu juga bisa mencegah peradangan saraf otak.

Dengan begitu, manfaat terong ungu adalah sejumlah penyakit dan gangguan fungsi kognitif otak yang berasal dari penuaan bisa dicegah. Daya ingat akan bertambah jika kamu rajin mengonsumsinya.

2. Mencegah kanker

Terung ungu dan terong Belanda bisa mencegah kanker. Manfaat terong ungu bisa dilihat dari kandungannya yakni polifenol, asam klorogenat, dan antosianin. Ketiga zat itu dapat mencegah pertumbuhan tumor dengan baik dan menghentikan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Zat tersebut juga bisa memicu produksi enzim khusus di sel yang bertugas untuk membuang racun tubuh dan mematikan sel kanker. Kandungan asam klorogenat sendiri bersifat antimutagen. Itu artinya, manfaat terong belanda dari senyawa adalah untuk melawan mutasi gen yang menjadi pemicu kanker.

Sebagai tambahan, sebagaimana yang dilansir dalam Health Line, terong ungu mempunyai kandungan solasodine rhamnosyl glycoside. Kandungan itu bisa memicu kematian di sel kanker dan mencegah sel kanker tertentu kambuh.

3. Mengendalikan kadar kolesterol

Rutin mengonsumsi terong dapat membantumu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Terong kaya akan senyawa asam klorogenat. Manfaat terong ungu dari senyawa tersebut adalah bisa menurunkan LDL atau Lipoprotein Densitas Rendah alias kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal itu diperkuat dengan tidak adanya kandungan kolesterol dalam terong. Jadi, sayuran ini sangat aman dikonsumsi penderita diabetes. Kemudian fungsi lain dari asam klorogenat adalah berperan sebagai antimikroba, antivirus, dan antikarsinogen. Bonus sehatnya melimpah jika kamu rutin makan terong.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kontrol Gula Darah | www.pexels.com
Terong ungu bisa mengontrol kadar gula darah. Setiap makanan tinggi serat pasti bisa mencegah kenaikan kadar gula darah. Terong adalah salah satu makanan yang kaya akan serat. Sayuran ini bisa melambatkan proses pencernaan supaya penyerapan gula juga melambat.

Kemudian, kandungan polifenol dalam terong ungu mampu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Karena itu jika kamu rutin memakannya, manfaat terong yang terasa adalah kadar gula darah akan selalu terkontrol. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03