5 May 2024 - 11:08 11:08

90 Ribu Galon Air Zam-Zam Tambahan untuk Jemaah Haji Dikirim ke Indonesia

IPOL.ID – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi secara bertahap mengirimkan tambahan air zam-zam untuk jemaah haji Indonesia.

Tercatat, sebanyak 90 ribu galon air Zam-zam ukuran 5 liter telah dikirim PPIH dari Saudi Arabia ke tanah air.

“Sampai hari ini, (Kamis, 13/7) baru 90 ribu galon air zam-zam yang sudah kita kirim. Jadi, masih banyak yang harus dikirim,” kata terang Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Haryanto dikutip Jumat (4/7).

Air Zam-zam tambahan tersebut akan dikirim ke 13 Embarkasi di seluruh Indonesia.

Nah, untuk pengambilannya menunggu informasi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di masing-masing daerah.

“Soal pengambilan air zam-zam, akan ada informasi lebih lanjut dari Kanwil Kemenag,” jelas Haryanto.

“Secara teknis, jemaah atau keluarga jemaah bisa mengambil di Embarkasi dengan membawa paspor jemaah bersangkutan. Waktunya menunggu informasi dari Kanwil, ya,” tambahnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2023, jemaah haji Indonesia akan memperoleh tambahan air Zam-zam sebanyak 5 liter. Sehingga, total air Zam-zam yang akan diterima jemaah sebanyak 10 liter, dengan rincian 5 liter pertama diterima jemaah setibanya di debarkasi.

Adapun tambahan 5 liter berikutnya menunggu pengiriman tahap dua dari Saudi Arabia.

“Setibanya di tanah air. Jemaah menerima air zam-zam sebanyak 5 liter. Untuk air zam-zam tambahan, secara bertahap mulai dikirim dari Saudi Arabia,” terang Haryanto.

Tambahan 5 liter air Zam-zam menjadi berkah tersendiri bagi jemaah Indonesia. Pasalnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir jemaah haji Indonesia hanya memperoleh air Zam-zam sebanyak 5 liter.

Kabar gembira tersebut pertama kali disampaikan oleh Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, bersamaan dengan momen pelepasan keberangkatan jemaah kloter pertama Embarkasi Batam (BTH 01), 3 Juli 2023, di Syisyah, Makkah.(far)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03