24 April 2024 - 01:20 1:20

Ada Aksi Penolakan Habib Rizieq di Daerah, Ini Reaksi Polri

WartaPenaNews, Jakarta – Aksi penolakan kehadiran Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab mulai terjadi di sejumlah daerah. Meski ada juga yang siap menerima kehadirannya.

Polri melihat fenomena penolakan tersebut hal yang wajar di era demokrasi. Tapi Polri mengimbau harus tetap patuhi protokol kesehatan.

“Enggak apa-apa (penolakan Habib Rizieq), itu kan demokratis. Kita negara demokrasi, orang mau menyampaikan pendapatnya silahkan. Terpenting, sekarang masa pandemi maka patuhi protokol kesehatan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri pada Rabu, 25 November 2020.

Karena, kata Awi, Polri pada prinsipnya tetap dalam koridor menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat. Namun, Polri juga sebagai penegak hukum salah satunya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

“Jadi kalau dinamika-dinamika yang ada di lapangan, tentu para kepala satuan wilayah, kapolda, kapolres itu akan menyikapi hal tersebut. Mulai dari pengamanan, patroli, pengawasan, penertiban hal-hal terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan, dan penegakan hukum,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Kapolri Jenderal Idham Azis sudah mengeluarkan surat telegram terkait pencegahan penyebaran virus COVID-19, yang diantaranya menindak tegas jika ada kerumunan dengan dilakukan pembubaran. Jangan sampai terjadi klaster baru COVID-19.

“Ini semua tentu kita dorong untuk pimpinan wilayah agar memberikan penilaian sendiri, punishmen. Kapan dia harus preemtiv, kapan dia harus preventif, kapan dia harus operasi melakukan penegakan hukum,” jelas dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03