6 May 2024 - 09:03 9:03

Agar Pengeluaran Tak Boros di Bulan Ramadan, Lakukan Tiga Hal Ini

WartaPenaNews, Jakarta - Umat muslim menghadapi bulan Ramadan dan hari Lebaran setiap tahun. Tapi banyak orang selalu menghadapi problema yang sama terutama untuk masalah keuangan. Bukan rahasia lagi jika puasa dan Lebaran memang butuh banyak biaya.

Meski sudah ada THR tetap saja uang kadang terkuras untuk berbagai hal. Menurut perencana keuangan Ligwina Hananto, ini tiga masalah keuangan klasik yang selalu terjadi pada banyak orang setiap Lebaran untuk dihindari tahun ini.

1. Kenaikan Harga

Satu hal yang selalu terjadi saat bulan Ramadan adalah kenaikan harga, terutama untuk bahan makanan. Walau begitu, banyak orang terutama para ibu rumah tangga yang pusing menghadapinya. Ligwina pun selalu memberi saran yang sama.

“Kalau harga naik sekitar bulan puasa sudah biasa terjadi setiap tahun. Beberapa tahun ini inflasi cukup terkendali jadi isu kenaikan harga harusnya bisa diatasi. Kalau terjadi ya harus memilih next-nya apa. Persiapkan rencana keuangan yang matang,” kata Ligwina dalam talk show ‘Anti Boncos di Bulan Ramadan’ di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.

2. Badai Buka Puasa

Buka puasa jadi sarana silahturahmi sekaligus momok bagi banyak orang. Meski membuat senang dan mempererat hubungan, buka puasa malah sering menguras keuangan. Karena itu, Ligwina menyarankan untuk memilih-milih saja.

“Badai bukber akan menyunat habis pengeluaran. Dari awal makanya waspada ada pengeluaran lifestyle yang berlebih. Maka dari itu dipilih saja jangan didatangi semua,” tutur Ligwina.

3. Isu Mudik

Biaya mudik juga menjadi masalah yang sering bikin pusing setiap tahunnya. Banyak orang yang ingin pulang ke kampung halaman namun segan karena harus mengeluarkan banyak uang dan tenaga.

“Mungkin bisa nggak harus mudik setiap tahun. Kalau nggak mampu ya nggak usah dari pada susah bayar sekolah anak atau nggak punya dana darurat. Apalagi kalau orang dari kota dianggap kaya jadi harus membiayai, menolong saudara. Jadi harus jujur dengan diri sendiri,” ungkap Ligwina.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 07:10
Usai Makan di Resepsi Khitanan di Purwakarta, Ratusan Orang Keracunan Massal

WARTAPENANEWS.COM – Sebanyak 30 warga dari ratusan yang keracunan makanan resepsi khitan tercatat masuk ke IGD RSUD Bayu Asih Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (5/5/2024) malam. Sedangkan sisanya dirawat di fasilitas

01
|
6 May 2024 - 06:34
Kasus Penganiayaan di Taruna STIP Ternyata Ada Tersangka Baru

WARTAPENANEWS.COM – Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan belum ada tersangka baru dalam kasus penganiayaan terhadap junior hingga tewas oleh senior berinisial TRS (21) taruna Sekolah Tinggi

02
|
6 May 2024 - 06:12
Pria Pengangguran di Makassar Curi Kotak Amal

WARTAPENANEWS.COM – Seorang pria pengangguran di Makassar, Sulawesi Selatan menjadi pelaku tindak pidana kriminal pencurian kotak amal. Tersangka Rais (38) diringkus usai berulang kali melakukan aksinya dengan modus berpura-pura melakukan

03