5 May 2024 - 07:11 7:11

Agustus, Jokowi akan Umumkan Calon Ibu Kota Baru

WartaPenaNews, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan menginformasikan rencana perpindahan ibu kota Indonesia, dari Jakarta ke satu tempat di Pulau Kalimantan pada bulan Agustus 2019. Jokowi pun mengatakan sampai saat ini pengkajian terus dilakukan terkait perpindahan ibu kota.

“Dari dahulu sudah aku berikan pindah ke Kalimantan. Tetapi Kalimantan mana, itu yang belum. Kelak kita berikan Agustus,” tutur Jokowi terhadap wartawan kunjungan kerja di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Selasa (30/7/2019).

Jokowi menjelaskan pengkajian dilakukan untuk melihat resiko sisi kebencanaan, ekonomi, keamanan, sampai sosial politik. Semuanya itu, jadi syarat utama sebuah wilayah untuk wajar jadi Ibu Kota.

“Kajiannya belum selesai. Jika sudah selesai analisis tentang kebencanaan, air, ekonomi, demografinya, masalah sosial politik, dan keamanannya. Kita tidak ingin terburu-buru. Tetapi ingin secepat-cepatnya ditetapkan,” kata mantan wali kota Solo itu.

Sebelumnya, pemerintah menyebutkan ada empat wilayah yang direncanakan sebagai ibu kota baru di Kalimantan Tengah seperti Palangkaraya, Gunung Mas, Pulau Pisang, dan Katingan. Setelah itu di Kalimantan Timur seperti di Bukit Soeharto.

Tetapi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan setidaknya akan memakan biaya yang besar, diperkirakan mencapai Rp466 triliun yang bersumber dari APBN, BUMN, dan faksi swasta. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03