25 April 2024 - 22:03 22:03

Akhir Pekan Ini, Erdogan Akan Dilantik Jadi Presiden Turki

wartapenanews.com – Recep Tayyip Erdogan bakal dilantik menjadi presiden Turki untuk periode ketiga pada akhir pekan ini.

Seremoni pelantikan presiden akan berlangsung pada 3 Juni 2023. Adapun untuk kabinet pemerintahan akan dilantik keesokan harinya.

“Presiden akan mengambil sumpah dan bertugas di kantor pada Sabtu [3 Juni],” kata sumber itu seperti dilansir kantor berita TASS, pada Rabu (31/5/2023).

“Pada Minggu, anggota kabinet diperkirakan akan disumpah, dan pemerintahan baru akan mulai bekerja,” imbuh sumber itu.

Sementara itu, juru bicara partai penguasa, Partai Keadilan dan Pengembangan (AKP), Omer Celik, mengatakan Erdogan bakal mengumumkan kabinet tak lama setelah dilantik.

Lebih lanjut, Celik mengatakan hanya ada tiga menteri dari pemerintahan saat ini yang disebut bakal bertahan di posisinya. Mereka yakni Menteri Luar Negeri, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pertahanan.

Pada 28 Mei lalu, Erdogan berhasil memenangkan putaran kedua pilpres Turki. Ia memperoleh suara 52,14 persen, sementara rivalnya, Kemal Kilicdaroglu, sebanyak 47,86 persen.

Pemilu Turki sempat menjadi sorotan global, terlebih kontestasi ini berlanjut ke putaran kedua. Di putaran pertama pada 14 Mei, tak ada calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen. Untuk memenangkan pemilu, calon harus memiliki suara sebanyak itu. Saat itu, Erdogan memperoleh 49,51 persen, Kilicdaroglu sebanyak 44,88 persen, dan capres lain Sinan Ogan sekitar lima persen. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03