24 April 2024 - 19:34 19:34

Amankah Pakai Dua Masker? Ini Penjelasannya

WartaPenaNews, Jakarta – Masker berfungsi sebagai bentuk perlindungan terbaik terhadap virus corona dan kuman pernapasan yang mudah menular lainnya.

Ada cukup banyak penelitian yang membuktikan bahwa menggunakan masker tidak hanya melindungi penyebaran kuman dari orang yang terinfeksi, tetapi juga melindungi orang sehat agar tidak tertular.

Mempertimbangkan keefektifannya, ada juga tren aneh yang menangkap masking ganda atau tiga kali lipat. Untuk menambah tingkat ‘perlindungan’, banyak juga yang memilih untuk mengenakan pelindung wajah di atas masker wajah.

Di negara-negara seperti Amerika Serikat, di mana kasus terus meningkat, tren penutupan ganda dengan cepat menjadi populer. Presiden terpilih Joe Biden, olahragawan dan banyak pakar terlihat mengenakannya.

Banyak orang yang juga menggunakan masker buatan sendiri, memilih menggunakan fitur ini sebagai cara untuk melindungi diri mereka sendiri.

Secara teoritis, dua lebih baik daripada satu – yang mungkin membuat banyak orang berpikir bahwa dua atau tiga penutup adalah pilihan yang baik.

Namun, pertanyaan utamanya tetap – apakah menggunakan lebih dari satu masker membantu melindungi dari virus corona baru? Haruskah Anda benar-benar memakai lebih dari satu topeng sekarang?

Dari perspektif medis, menggunakan lebih dari satu masker berfungsi untuk menciptakan penghalang yang lebih kaku bagi kuman dan virus untuk masuk. Ini juga akan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mencegah penyebaran virus, jika Anda adalah pembawa infeksi, lebih baik menyediakan banyak perlindungan.

Namun, sementara banyak yang merasa bahwa perlindungan ganda akan mengurangi risiko penularan dari orang sakit ke orang sehat, beberapa ahli, sebaliknya, menyarankan bahwa memakai satu masker di atas yang lain dapat menyebabkan tetesan pernapasan ‘terjebak’ di antara dua lapisan.

Mengenakan lebih dari satu masker juga berarti bahwa pemakai masker harus rajin membersihkan dan menyanitasi masker.

Bukankah lebih banyak lapisan adalah pilihan yang lebih baik?

Pedoman kesehatan saat ini menyarankan agar orang memilih masker yang mengandung setidaknya 2-3 lapis kain yang dapat menutupi wajah Anda dengan baik. Sementara itu lapisan selalu merupakan pilihan yang disukai, tujuannya dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan masker berkualitas baik- yang memiliki banyak lapisan di dalamnya.

Harus menggunakan 2 atau 3 masker, dengan harapan akan menambah lapisan tidak akan memberikan perlindungan yang lebih baik.

Pada saat yang sama, ingatlah bahwa sebagian besar masker yang ditawarkan saat ini memiliki tingkat keefektifan yang sama – sementara masker bedah baik untuk penggunaan umum, N95, yang menawarkan perlindungan lebih cocok untuk masker yang bertugas langsung.

Jadi, karena N95 dan masker bedah cukup efektif, berpikir bahwa menggabungkan keduanya akan menambah perlindungan tidak selalu berhasil. Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa memakai masker tambahan bisa membuat Anda tercekik, dan menyebabkan kesengsaraan tambahan.

Semua masker yang efektif- baik itu masker bedah atau masker N95 telah dirancang agar pas di sekitar wajah yang memastikan bahwa hidung dan mulut tertutup dengan baik. Karena alasan yang sama, masker yang memiliki ventilasi pernapasan tidak disarankan untuk digunakan.

Siapa yang seharusnya menggunakan opsi ini?

Selama Anda mengamankan masker berkualitas baik yang terdiri dari beberapa lapisan dan cocok untuk Anda, tidak perlu menggunakan masker tambahan. Meskipun demikian, mengambil langkah pencegahan mungkin tidak sepenuhnya tanpa manfaat.

Satu-satunya orang yang harus mempertimbangkan untuk menggunakan lebih banyak masker daripada satu adalah jika Anda berada di tempat berisiko tinggi adalah petugas kesehatan yang menghadapi paparan tinggi atau jika Anda mengalami kesulitan menemukan masker berkualitas baik yang tidak cocok untuk Anda.

Apa yang dapat dilakukan agar masker efektif digunakan?

Seperti yang ditunjukkan oleh banyak ahli sekarang, bagi orang yang masih tertarik untuk menggandakan masker, alternatif yang baik untuk dipilih adalah dengan menambahkan lapisan luar seperti jaring ke kain atau masker buatan sendiri, yang akan membantu membuat segel ‘lebih rapat’ untuk berhenti. kuman dari melalui.

Kuncinya adalah memilih masker multi-lapisan, daripada bermain-main dengan masker tambahan satu di atas yang lain. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03