Anak Minder Karena Tidak Menggosok Gigi di Malam Hari

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Sustainable Living Unilever Indonesia Foundation bersama Dr.drg, R.M Sri Hananto Seno, Sp. BM (K)., MM, Ketua Pengurus Besar PDGI mengkampanyekan pentingnya sikat gigi malam, di online conference peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020. Foto: Istimewa

WartaPenaNews, Jakarta – Momen Hari Kesehatan Gigi & Mulut Sedunia 2020 dijadikan Pepsodent untuk mengangkat hasil survei di 8 negara mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan menyikat gigi di malam hari.

Kolaborasi Dengan King’s College London

Melibatkan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) serta melakukan survey global yang dilakukan bersama Universitas ternama di Inggris, King’s College London, yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik Dunia.

Melibatkan 5.000 anak dan orang tua di seluruh dunia. Di Indonesia, sebanyak 506 anak menjadi populasi sampel. Terlihat bahwa diantara anak-anak dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik, ternyata 34% nya belum membiasakan untuk sikat gigi di malam hari. Artinya, mereka belum mempraktekan kebiasaan ini sebagai prioritas.

Baca Juga: Indika Foundation Sumbang Rp1 Miliar untuk Penanggulangan Virus Corona

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCCIinDent., MDSc., Head of Sustainable Living Unilever Foundation menyampaikan, “Kami percaya bahwa setiap senyuman Begitu Berarti dan Pepsodent berkomitmen untuk menciptakan senyum sehat keluarga Indonesia, khususnya anak-anak, melalui rangkaian program sekolah yang melibatkan dokter gigi, guru, dokter kecil dan sejumlah LSM terkait.”

Anak-anak yang tidak membiasakan diri sikat gigi di malam hari, 34% kondisi kesehatan gigi dan mulutnya menjadi kurang baik. Foto: Istimewa

“Program ini terus mempromosikan perilaku hidup bersih sehat, termasuk diantaranya menyikat gigi pada waktu yang tepat. Yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Serta menyediakan pemeriksaan gigi gratis, “ungkap drg.Mirah.

40% Berpeluang Lebih Tinggi Sakit Gigi

“Sebagai official partner FDI World Dental Federation, penggagas Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, Pepsodent dengan PDGI menyebar luaskan edukasi mengenai pentingnya kebiasaan sikat gigi pada malam hari, pada anak-anak di seluruh Indonesia, “kata drg.Mirah.

“Terlebih hasil survei global Unilever memperlihatkan bahwa kesehatan gigi dan mulut anak yang tidak rutin menyikat gigi di malam hari ternyata dua kali lebih buruk dibandingkan dengan yang menyikat gigi. Mereka berpeluang 40% lebih tinggi mengalami sakit gigi. Sehingga terpaksa harus absen dua kali lebih sering dibanding yang menyikat gigi.”

“Mereka juga menjadi kurang percaya diri di sekolah. Di mana 25% nya memilih untuk tidak aktif mengikuti kegiatan di sekolah. Selain, sering diejek teman karena gigi tidak sehat. Serta 1/3 dari mereka rendah diri, “ujar drg.Mirah. (bud)