16 April 2024 - 16:28 16:28

Anggota DPR Apresiasi Upaya Pemerintah Bebaskan WNI di Perbatasan Filipina

WartaPenaNews, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Sukamta mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan pemerintah Filipina dalam pembebasan dua dari tiga orang WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf di perbatasan Filipina sejak 24 September 2019.

“Alhamdulillah, dua dari tiga WNI bisa terbebas dari penyanderaan Abu Sayyaf dengan selamat. Pemerintah Indonesia dan Filipina patut kita apresiasi atas hasil ini,” kata Sukamta dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (25/12).

Dengan demikian, kata dia, masih ada satu warga negara Indonesia (WNI) yang belum bebas sehingga diharapkan segera dibebaskan.

Sukamta mengingatkan Pemerintah bahwa tugas melindungi WNI, khususnya terkait dengan aktivitas Abu Sayyaf, masih belum selesai hingga saat ini.

Ia menilai masalah perompakan kelompok Abu Sayyaf terjadi akibat kondisi kemiskinan di daerah-daerah basis wilayah Abu Sayyaf.

Oleh karena itu, pendekatan kesejahteraan sosial, ekonomi, dan agama untuk mencegah penculikan kembali berulang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Filipina,” ujarnya.

Sukamta yang merupakan Wakil Ketua FPKS DPR RI itu menilai langkah penyelesaian masalah Abu Sayyaf tidak terhenti hanya pada patroli laut bersama dan operasi militer, tetapi aksi mengatasi kemiskinan dan masalah sosial.

Selain itu, menurut dia, pendekatan agama juga harus dilakukan karena kesamaan agama dan sejarah perkembangan Islam di Filipina yang disebarkan oleh nenek moyang Minangkabau.

Sebelumnya, sebanyak dua dari tiga WNI yang disandera selama 90 hari oleh kelompok Abu Sayyaf dibebaskan pada hari Minggu (22/12).

Sementara itu, satu WNI masih terus diupayakan pembebasannya.

Langkah pembebasan tersebut dilakukan atas kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Filipina. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
16 April 2024 - 10:22
Di Tengah Ancaman Balas Dendam Israel, Iran Tutup Fasilitas Nuklir

WARTAPENANEWS.COM -  Iran menutup sementara fasilitas nuklir mereka atas alasan keamanan. Langkah itu diambil usai Iran menyerang Israel. Pernyataan soal penutupan fasilitas militer diungkap kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA)

01
|
16 April 2024 - 09:14
Diisukan Ada Pertemuan Megawati-Jokowi di Momen Lebaran, Ini Bantahan PDIP

WARTAPENANEWS.COM -   Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto angkat bicara mengenai adanya kabar pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia

02
|
16 April 2024 - 08:09
17 Rumah Hanyut dan 3 Jambatan Gantung Putus akibat Banjir Bandang di Muratara

WARTAPENANEWS.COM - Curah hujan cukup tinggi di Kabupaten Musi Rawas Utara (Murata), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (16/04/2024) dini hari, mengakibatkan banjir bandang terjadi di Kecamatan Karang Jaya, sehingga menyebabkan 17

03