26 April 2024 - 03:08 3:08

Antisipasi Kemacetan, Polisi Berlakukan Sistem Buka Tutup di GT Cikarang Barat

WartaPenNews, Jakarta – Guna mengantisipasi terjadinya kemacetan yang mengganggu mobilitas pekerja dan masyarakat non mudik, Polri memberlakukan sistem buka tutup di gerbang tol (GT) Cikarang Barat pada Operasi Ketupat 2021. Upaya ini dilakukan dalam rangka penyekatan pencegahan mudik Lebaran 2021.

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan pihaknya mengakomodir semua kebutuhan masyarakat selama Operasi Ketupat 2021 dilaksanakan.

“Di titik-titik tertentu juga ada upaya-upaya rekayasa buka tutup yang semuanya harus disadari oleh masyarakat, operasi ketupat ini adalah untuk kepentingan bersama,” kata Istiono saat pengecekan posko penyekatan di KM 31 Cikampek seperti diberitakan kantor berita Antara, Kamis (6/5/2021).

Istiono menyebutkan, terkait video viral para pekerja yang terjebak di GT Cikampek Barat telah diatasi dan ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Menurut dia, kejadian tersebut bagian dari dinamika Operasi Ketupat 2022 pelarangan mudik yang saat ini sedang berjalan.

“Upaya-upaya yang dilakukan jajaran khususnya Polda Metro Jaya melakukan rekayasa buka tutup di satu titik ini adalah upaya untuk memperlancar arus lalin dan tentunya ada mobilitas masyarakat atau karyawan yang berjalan seputar sini juga harus kita akomodir,” ujar Istiono.

Atas peristiwa itu, Istiono berharap masyarakat semakin dewasa, apa yang menjadi kendala di lapangan bisa disampaikan kepada pihaknya.

“Semua akan kita akomodir dan kita lakukan secara baik,” kata Istiono.

Dalam tinjauan tersebut, Istiono didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, yang menjelaskan kronologis viralnya kejadian protes di Jalan Tol Ruas Jakarta-Cikampek Kilometer 31 arah Jakarta, lantaran tidak bisa bekerja akibat kebijakan penyekatan larangan mudik.

Menurut Sambodo, kejadian tersebut tidak berlangsung lama karena anggotanya yang melihat kejadian langsung mengambil tindakan dan bernegosiasi dengan para buruh.

“Kita buka seketika itu juga mereka naik ke bus dan langsung keluar di sini, jalur yang berlawanan arah kita tutup sementara, bus kita balik sampai keluar tol, jadi tidak sampai 5 menit kejadian itu sudah arus lalu lintas sudah lancar kembali,” ujar Sambodo.

Sambodo menambahkan, antisipasi ke depannya, karena bus-bus karyawan pagi dan sore akan lewat GT Cikarang Barat maka dilaksanakan buka tutup dengan menempatkan anggota.

“Jadi kalau ada bus karyawan tetap kita perbolehkan nanti kita akan atur putarannya sehingga ketika ‘crossing’ kita bisa atur di putaran ini,” kata Sambodo. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03