3 May 2024 - 17:54 17:54

Apakah Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Pola Makan Vegan?

WartaPenaNews, Jakarta - Ada berbagai cara yang ikhlas ditempuh beberapa orang untuk menurunkan berat badannya supaya kelihatan lebih baik. Satu diantara yang mungkin bisa saja alasan yaitu dengan mengaplikasikan skema makan vegan setiap harinya. Pertanyaannya, apa skema makan vegan memang benar dapat dibuktikan dapat menolong untuk menurunkan berat badan?
Apakah benar vegan dapat untuk menurunkan berat badan?

panduan diet vegan

Vegan salah satu jenis vegetarian yang benar-benar menghindari semua produk hewani dalam makanan dan minuman. Bahkan juga, orang yang berpedoman skema makan vegan betul-betul tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari susu, madu, gelatin, kecap ikan, telur, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, setiap harinya orang yang mengaplikasikan skema makan vegan cuma akan mengonsumsi bermacam produk nabati. Dari mulai sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu nabati, pilihan daging, sampai produk non dairy yang lain atau berasal dari lemak nabati.

Ada berbagai alasan yang memicu keinginan seseorang untuk jalani skema makan vegan. Entahlah karena menghormati norma pada hewan yang termasuk makhluk hidup, yakini jika skema makan ini lebih sehat, atau bahkan untuk menurunkan berat badan.

Ya, vegan disebut dapat menolong untuk menurunkan berat badan. Ini karena dengan mengaplikasikan skema makan vegan, artinya semua makanan dan minuman harian yang Anda mengonsumsi bebas dari sumber hewani yang kadang megandung lemak tinggi.

Ditambah lagi makanan dan minuman vegan biasanya memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori, hingga dapat menolong kenyang lebih lama. Tetapi, sudahkah kehebatan skema makan vegan untuk menurunkan berat badan ini dapat dibuktikan dalam riset?
Apa hasilnya sudah dapat dibuktikan?

berat badan naik di kantor

Satu riset yang diedarkan oleh Journal of General Internal Medicine, mengatakan jika jadi seorang vegan bisa menolong menurunkan berat badan secara mencolok. Memberi dukungan pengakuan itu, riset lain dalam jurnal Nutrition and Diabetes mendapatkan hasil sama.

Riset yang menyertakan sekitar 75 orang dengan berat badan berlebihan (overweight), disuruh untuk mengaplikasikan skema makan tersendiri. Peserta bisa jalani skema makan vegan, atau terus makan makanan tinggi lemak termasuk dari sumber hewani untuk menurunkan berat badan.

Sesudah kurang lebih selama 16 minggu, peserta yang jalani skema makan vegan dinilai sudah kehilangan lemak di ruang perut dalam jumlahnya yang semakin banyak. Ya, jika dibandingkan dengan peserta yang semakin banyak mengonsumsi sumber hewani, peserta yang mengaplikasikan skema makan vegan lebih condong mudah untuk menurunkan berat badan.

Bahkan juga, orang yang melakukan skema makan vegan biasanya memiliki indeks massa badan (IMT) yang lebih rendah daripada non vegan yang lain. Hal itu disebut di hasil riset yang diterbitkan oleh jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition.
Apa menurunkan berat badan dengan vegan baik untuk kesehatan?

makan sehat banyak aktivitas

Walau dinilai bisa menolong untuk menurunkan berat badan, tetapi semestinya tahu hal yang mungkin terjadi dibalik skema makan vegan. Kurangi atau bahkan tidak makan beberapa jenis makanan benar-benar, beresiko kekurangan satu atau lebih zat gizi tersendiri.

Mengambil misalnya yaitu vitamin B12, yang terdapat banyak dalam sumber makanan hewani. Mengaplikasikan skema makan vegan, artinya Anda tidak makan sumber hewani dan pasti beresiko kekurangan vitamin B12. Bila ini yang terjadi, bisa menungkinan Anda untuk mengalami anemia.

Tetapi, jangan cemas karena ada solusi yang bisa dilakukan supaya bisa tetap melakukan skema makan vegan untuk menurunkan berat badan, tanpa kekurangan zat gizi tersendiri.

Anda biasanya disarankan untuk lengkapi zat gizi harian dengan bermacam makanan yang sudah diperkaya (difortifikasi) dengan beragam vitamin. Dimana makanan itu mungkin susah didapat dari sumber nabati.

Annie B. Kay, MS, RDN, C-IAYT, seorang ahli gizi di Massachusetts, Amerika Serikat, ikut mendukung hal tersebut. Menurut dia, skema makan vegan sebenarnya bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing orang yang menjalaninya.

Bahkan juga, skema makan vegan bisa menolong untuk melakukan perbaikan penampilan fisik, termasuk menurunkan berat badan, bila teratur diaplikasikan setiap harinya.
Skema makan vegan sebenarnya bisa membantu memperhatikan kesehatan badan

tidak sudah pernah makan daging

Lepas dari itu semua, semestinya aplikasikan skema makan vegan yang tepat yaitu dengan konsentrasi pada makanan tinggi zat gizi, daripada yang tidak memberi nutrisi benar-benar.

Contohnya memperbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan olahannya setiap hari. Sebaliknya, jauhi sumber lemak, gula, pati, sodium, dan zat aditif.

Seperti dari hasil riset Journal of American College of Cardiology. Tidak cuma menolong untuk menurunkan berat badan, skema makan vegan dengan sumber makanan sehat dapat juga menurunkan efek penyakit jantung.

Sesaat skema makan vegan yang kurang sehat, justru bisa jadi besar peluang Anda mengalami penyakit jantung. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 12:20
Ria Ricis Resmi Menjanda

WARTAPENANEWS.COM – YouTuber Ria Ricis resmi menyandang status janda setelah melewati sidang cerai selama 4 bulan. Pengadilan Agama Jakarta Selatan memutus cerai pernikahannya dengan Teuku Ryan, pada 2 Maret 2024.

01
|
3 May 2024 - 11:17
Desa di Aceh Singkil Diterjang Banjir Bandang

WARTAPENANEWS.COM –  Banjir bandang menerjang Desa Lae Bangun, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Sumber video yang beredar di media sosial Facebook dan grup Whatsapp, banjir bandang itu terjadi

02
|
3 May 2024 - 10:06
Suami Biadab, Aniaya Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan hingga Dibacok Celurit

WARTAPENANEWS.COM – Perempuan muda di Kota Malang, Jawa Timur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya. Aksi kekerasan ini dilakukan pelaku berinisial M. Romadoni (24), warga Jalan

03