27 February 2024 - 14:37 14:37

Aparat Keamanan Laut Malaysia Tahan 3 Nelayan Asal Bintan

wartapenanews.com  – Tiga nelayan asal Desa Berakit, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, sempat ditahan oleh pihak keamanan laut Malaysia pada Jumat (3/2).

Ketiga nelayan tersebut yakni, Welly (28) beserta istri, Sinta (24), dan Rudi (29). Para nelayan tersebut diamankan pihak keamanan laut Malaysia saat memancing di kawasan perbatasan di wilayah perairan Batu Putih.

Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo, menyampaikan setelah memperoleh informasi itu pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak KJRI di Malaysia untuk mengetahui keadaan ketiga nelayan dan meminta pihak Malaysia memulang mereka.

“Mereka sudah kami jemput di perbatasan dan bawa ke Markas Polairud Bintan untuk selanjutnya dipulangkan ke Desa Berakit,” sebut Kapolres.

Salah satu nelayan, Welly, mengungkapkan bahwa dirinya memamg sering memancing di perairan tersebut. Tak hanya dirinya saja, saat ini ia juga melihat sejumlah perahu pompong nelayan yang juga memancing di kawasan tersebut.

Lalu, tiba-tiba ada petugas keamanan laut Malaysia mendatangi mereka.

“Mereka bertanya sama saya kenapa tidak lari. Saya jawab saya mencari makan di sini, saya kerja tidak lari,” ungkapnya menceritakan.

Setelah itu, petugas pun membawa menarik pompong Wely dan Rudi ke Malaysia.

“Waktu pompong kita ditali mau ditarik, kita sempat telepon kasih tau keluarga kalau kita mau dibawa ke Malaysia,” kata dia.

Saat tiba di Malaysia, Wely mengakui, sempat dimintai keterangan. Menurutnya, para petugas di sana memperlakukan mereka dengan baik. Bahkan, sempat menawar 100 liter solar untuk sebagai bahan bakar agar mereka bisa kembali ke perairan Berakit.

“Ditawari mau dibantu 100 liter,” tutupnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03