19 April 2024 - 14:23 14:23

Aparat Keamanan Laut Malaysia Tahan 3 Nelayan Asal Bintan

wartapenanews.com  – Tiga nelayan asal Desa Berakit, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, sempat ditahan oleh pihak keamanan laut Malaysia pada Jumat (3/2).

Ketiga nelayan tersebut yakni, Welly (28) beserta istri, Sinta (24), dan Rudi (29). Para nelayan tersebut diamankan pihak keamanan laut Malaysia saat memancing di kawasan perbatasan di wilayah perairan Batu Putih.

Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo, menyampaikan setelah memperoleh informasi itu pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak KJRI di Malaysia untuk mengetahui keadaan ketiga nelayan dan meminta pihak Malaysia memulang mereka.

“Mereka sudah kami jemput di perbatasan dan bawa ke Markas Polairud Bintan untuk selanjutnya dipulangkan ke Desa Berakit,” sebut Kapolres.

Salah satu nelayan, Welly, mengungkapkan bahwa dirinya memamg sering memancing di perairan tersebut. Tak hanya dirinya saja, saat ini ia juga melihat sejumlah perahu pompong nelayan yang juga memancing di kawasan tersebut.

Lalu, tiba-tiba ada petugas keamanan laut Malaysia mendatangi mereka.

“Mereka bertanya sama saya kenapa tidak lari. Saya jawab saya mencari makan di sini, saya kerja tidak lari,” ungkapnya menceritakan.

Setelah itu, petugas pun membawa menarik pompong Wely dan Rudi ke Malaysia.

“Waktu pompong kita ditali mau ditarik, kita sempat telepon kasih tau keluarga kalau kita mau dibawa ke Malaysia,” kata dia.

Saat tiba di Malaysia, Wely mengakui, sempat dimintai keterangan. Menurutnya, para petugas di sana memperlakukan mereka dengan baik. Bahkan, sempat menawar 100 liter solar untuk sebagai bahan bakar agar mereka bisa kembali ke perairan Berakit.

“Ditawari mau dibantu 100 liter,” tutupnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03