24 April 2024 - 19:39 19:39

April 2023, KIB Diperkirakan Deklarasi Paslon

wartapenanews.com –  Pengamat politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro memprediksi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal mendeklarasikan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden mereka paling lambat April 2023. Menurut dia, koalisi yang terbangun dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mengerucutkan nama-nama calon yang akan diusung.

“Kayaknya 2023, kayaknya enggak sampai April pertengahannya, jadi semua itu akan mengerucutkan koalisi kayak mungkin pendukung Anies tiga partai, itu kayak mengerucut, KIB juga sama nanti,” ujar Siti Zuhro pada acara diskusi di Jakarta, Minggu (18/12/2022).

Tidak hanya KIB, peneliti BRIN itu juga memprediksi koalisi partai Gerindra-PKB akan melakukan hal yang sama pada 2023.

Lebih lanjut, Siti Zuhro mengatakan dua koalisi partai tersebut akan segera mendeklarasikan capresnya lantaran takut kecolongan oleh Anies Baswedan yang lebih dulu mendeklarasikan diri.

“Mereka sudah ingin menurunkan calon-calonnya karena takut sama Anies itu nanti, on the top dia kan,” katanya.

Kendati belum melakukan deklarasi hingga kini, Siti Zuhro meyakini Koalisi Perubahan antara NasDem, PKS, dan Demokrat solid mendukung Anies.

“Mereka termasuk solid sebenarnya, karena Demokrat sama PKS itu yang saya tahu ya cuma mengingingkan Anies,” ujar dia.

Namun, koalisi partai pendukung Anies disebut memiliki masalah dalam menentukan calon wakil presiden yang akan disandingkan bersama mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Iya cantelannya, mungkin krusialnya ada di cawapresnya, tapi mereka welcome banget sama Anies, saya menyaksikan waktu ada acara di PKS itu. Kelihatan banget kalau Anies menjadi favorit,” ungkap Siti Zuhro.

Di sisi lain, ia juga memprediksi bahwa wacana koalisi PKS dengan Gerindra tampaknya tidak akan terealisasi meski kedua partai sempat menunjukkan kedekatan dan berkoalisi pada 2019 lalu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03