29 April 2024 - 14:04 14:04

AS Adopsi Strategi Perang Ukraina untuk Taiwan

wartapenanews.com – Memperkuat pertahanan Taiwan sepertinya telah menjadi prioritas mendesak bagi Amerika Serikat (AS). Apalagi militer China sedang dalam posisi siap melahap Taiwan. AS siap menerapkan strategi perang Ukraina di China.

Anggota parlemen AS belum lama ini mengeluarkan undang-undang yang akan membiayai penjualan senjata dan mengesahkan potensi transfer senjata ke Taiwan dari stok militer AS sendiri, seperti yang telah dilakukan AS untuk Ukraina.

Ketentuan yang dibuat untuk Taiwan dalam RUU Kebijakan Pertahanan tahunan senilai US$858 miliar tahun ini telah disahkan Senat AS pada 15 Desember 2022. Ketentuan ini merupakan beberapa perubahan terbesar dukungan AS untuk pertahanan Taiwan dalam beberapa dekade, menurut laporan Wall Street Journal.

Undang-undang tersebut mewajibkan pemerintah AS untuk mempercepat pengiriman senjata ke Taiwan di tengah krisis Ukraina.

Untuk pertama kalinya, undang-undang bipartisan telah mengalokasikan pembiayaan dan hibah sebanyak US$10 miliar (sekitar Rp150 triliun) untuk senjata selama lima tahun, serta menyediakan rute tambahan untuk mentransfer persenjataan di luar penjualan militer langsung ke Taiwan.

Undang-undang tersebut juga memberikan presiden wewenang untuk menarik stok militer AS yang ada kemudian mentransfer senjata ke Taiwan jika terjadi serangan China atau tindakan agresi lainnya. Ini mirip dengan apa yang dilakukan pemerintahan Joe Biden untuk Ukraina.

Memperkuat pertahanan Taiwan telah menjadi prioritas mendesak bagi AS. Pejabat Pentagon telah memperingatkan bahwa militer China sedang berupaya meningkatkan kemampuan yang memungkinkan negara itu untuk menyerang atau menginvasi Taiwan pada tahun 2027.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA), Bill Burns, juga menguatkan rencana invasi itu. Dia mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping telah memerintahkan pimpinan militernya untuk bersiap melancarkan perang pada tahun 2027.

“Dia (Xi Jinping) bersikeras di depan umum bahwa pilihannya adalah melakukan itu dengan cara yang lebih singkat daripada penggunaan kekuatan. Tapi kita tahu bahwa dia juga menginstruksikan pimpinan militernya untuk bersiap pada tahun 2027 untuk melancarkan perang,” kata Burns.

Serangan terhadap Taiwan berpotensi mengubah keamanan dan ekonomi kawasan di Indo-Pasifik, memberi China ruang lingkup yang lebih besar untuk mengendalikan jalur laut vital, menindas sekutu AS, dan memaksa militer AS keluar dari wilayah tersebut.

Oleh karena itu, paket dukungan terbaru dimaksudkan untuk memberi Taiwan kemampuan yang memadai dari waktu ke waktu sehingga negara pulau kecil itu dapat menghalangi atau mencegah potensi agresi oleh China. Sekaligus memungkinkan pasukan AS memposisikan diri secara tepat untuk pertahanan pulau itu, demikian menurut Mark Montgomery, pensiunan Laksamana Muda Angkatan Laut AS yang saat ini menjadi rekan senior di Foundation for Defense Of Democracies (FDD).

Montgomery mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa pembiayaan senjata dan perubahan lainnya melampaui Undang-undang Hubungan Taiwan tahun 1979, yang mengikat AS untuk mendukung pertahanan Taiwan.

“Ini lebih jauh lagi. Kami akan membantu Anda membayar senjata, menyimpan senjata untuk Anda akses, memberi Anda otoritas penarikan presiden dari saham AS, dan bekerja sama untuk merencanakan dan latihan,” kata Montgomery. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03