24 April 2024 - 21:14 21:14

Atasi Covid-19, Bupati Paniai Terbangkan Pesawat Sendiri untuk Distribusi Alkes ke Pelosok

WartaPenaNews, Jakarta – Penyebaran covid-19 ke berbagai daerah di seluruh Indonesia telah mendorong semua pihak untuk menempuh berbagai langkah dalam membantu masyarakat dalam pencegahan covid-19. Di Provinsi Papua, misalnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, telah mengumumkan kebijakan pembatasan sosial skala besar di Papua, termasuk penutupan akses masuk ke wilayah pegunungan (Laa Pago dan Mee Pago) dan wilayah Anim Ha.

Sebagai komitmen kemanusiaan untuk masyarakat Papua, Bupati Paniai, Meki Nawipa, yang berlatar belakang seorang Captain Pilot, bahkan menerbangkan sendiri pesawat pribadinya untuk mengirimkan sarana dan prasarana kesehatan di wilayah terpencil di pedalaman, baik di Paniai dan Deiyai, pada Jumat, 30 Maret lalu.

Bupati Meki Nawipa telah memutuskan untuk meminjamkan pesawat pribadinya untuk bantuan kemanusiaan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Papua, maupun untuk pelayanan kesehatan masyarakat di pelosok Papua. Pesawat milik Captain Meki Nawipa stand by di Jayapura. Dengan demikian, pesawat telah siap untuk distribusi sarana prasarana dan pelayanan kesehatan untuk wilayah Mee Pago dan daerah lainnya.

Dalam pandangan Bupati Meki Nawipa, Pemerintah perlu mengambil langkah-langkah terobosan baru, cara baru, dan desain baru dalam membuka akses rakyat terhadap pelayanan kesehatan yang terpadu. Dengan setting geografis Papua, diperlukan kebijakan flying hospital/health service) ke wilayah pedalaman.

Menjadi seorang captain pilot ditempuh dengan perjuangan yang tidak mudah. Ia menempuh pendidikan di Deraya Flying School, Halim, mulai tahun 2000, sehingga memperoleh sertifikat Private Pilot Licence (PPL). Ia merantau ke negeri Kanguru, untuk melanjutkan sekolah penerbangan di Bible College of Victoria (BCV) di Melbourne, Australia.

Sejak 2008 Captain Nawipa memulai penerbangan di Papua yang melayani daerah-daerah terpencil dengan penduduk yang tersebar. Melihat situasi sosial yang terjadi masyarakat, ia berkomitmen untuk pulang ke kampungnya di Paniai di tahun 2018 sebagai Bupati Paniai.

Dalam visinya, Bupati Paniai menaruh perhatian besar ke penguatan SDM masyarakat Paniai. Sejumlah pola terobosan dalam pengembangan SDM ditempuh, dengan pola sekolah unggulan, pengiriman calon pilot, kemitraan swasta dalam beasiswa putra-putri Paniai.

Di hari-hari ini, dalam pelayanan kesehatan masyarakat, RSUD Paniai menjadi rujukan bagi masyarakat dari berbagai daerah di Mee Pago.

Baca Juga: Warga Bekasi yang Bandel Keluyuran Bakal Dipidanakan

Dengan bantuan pesawat pribadi dari Bupati Meki Nawipa, merupakan pesan kemanusiaan, sekaligus sebagai terobosan kebijakan untuk memperkuat pelayanan kesehatan bergerak melalui flying health services.

Komitmen dari Bupati Paniai mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, baik dari Pemda lainnnya di Tanah Papua maupun jajaran Pemerintah Pusat yang sedang menangani Covid-19 ini.

Dalam hal ini, Velix Wanggai, Direktur Daerah Tertinggal dan Perdesaan, Bappenas, juga sebagai Sekretaris Desk Papua, Bappenas, menyampaikan langkah Bupati Meki Nawipa merupakan sumber inspirasi bagi Bappenas dalam proses penyempurnaan kebijakan holistik untuk Papua, terutama di sektor kesehatan. Pendekatan one sizes fits all kurang relevan dalam konteks Papua, sehingga dibutuhkan pola terobosan kebijakan yang kontekstual Papua, sebagaimana pola yang dicontohkan Bupati Paniai, Meki Nawipa. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03