17 June 2024 - 02:35 2:35

Atasi Islamofobia, Malaysia Kirim Puluhan Ribu Alquran ke Tiga Negara

WARTAPENANEWS.COM –  Dalam upaya untuk mengatasi fenomena Islamofobia yang semakin meningkat di dunia Barat, Malaysia melalui Yayasan Restu dan Nasyrul Quran, telah mengirimkan 30.000 eksemplar Alquran terjemahan bahasa Inggris dan Mandarin ke Australia, Kanada, dan Inggris.

Pengiriman ini merupakan bagian dari peluncuran program Wakaf Sejuta Alquran yang diadakan di Putrajaya. Program ini didukung secara penuh oleh pemerintah Malaysia, dengan harapan akan meningkatkan pemahaman dan penghayatan Alquran di luar negeri.

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, melalui akun media sosialnya, menyatakan bahwa kekerasan tidak akan dapat diberantas dengan kekerasan. “Malaysia memilih pendekatan yang lebih bijak dalam menghadapi Islamofobia, yaitu melalui pendidikan dan pemahaman,” kata Anwar.

Malaysia menargetkan menyelesaikan pencetakan satu juta eksemplar Alquran terjemahan dalam berbagai bahasa. “Pada fase pertama, kita akan fokus pada 15 bahasa, dan 15 bahasa lainnya akan diikutsertakan pada fase kedua,” ujar Perdana Menteri.

Anwar Ibrahim menambahkan, pemerintahan yang ia pimpin mendukung inisiatif ini sebagai upaya konsisten dalam meningkatkan pemahaman dan penghayatan Alquran. “Ini sejalan dengan semangat Madani yang menekankan nilai-nilai dan akhlak yang didukung oleh agama,” jelasnya.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta awal bulan ini, Anwar Ibrahim juga menegaskan posisi Malaysia yang menganggap penodaan terhadap agama apapun adalah pelanggaran hak asasi manusia. “Ini adalah pelanggaran terhadap hak kebebasan beragama,” tutur Anwar.

Menurut Anwar, pemimpin dunia harus melakukan upaya konkret untuk mengatasi masalah ini. “Tidak cukup hanya dengan retorika; tindakan nyata harus segera diambil,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
15 June 2024 - 13:16
Libur Iduladha, Penumpang Kereta di Yogyakarta Meningkat

WARTAPENANEWS.COM – Jelang Idul Adha 2024, penjualan tiket kereta api jarak jauh keberangkatan awal stasiun di Daop 6 mengalami peningkatan. Total ada 88.401 tiket yang terjual untuk tanggal 13 Juni

01
|
15 June 2024 - 12:37
Sepanjang 2024, 1.008 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Bantul

WARTAPENANEWS.COM – Polres Bantul mencatat sepanjang Januari hingga Juni 2024 ini ada 1.008 kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bantul. Dari jumlah itu, 1.258 orang luka ringan dan 71 orang meninggal

02
|
15 June 2024 - 12:14
Jalanan di Jakarta Lengang saat Libur Panjang Idul Adha

WARTAPENANEWS.COM – Long weekend Hari Raya Idul Adha membuat sejumlah ruas jalan di Jakarta tampak lengang dari padatnya kendaraan. Idul Adha akan dirayakan pada Senin (17/6) mendatang. Libur panjang digunakan

03