26 April 2024 - 02:29 2:29

Augine Fantinus, Dua Kali Survive Dari Serangan Jantung

WartaPenaNews, Jakarta – Penyakit jantung menjadi tranding topik 2 hari belakangan karena ditengarai menjadi penyebab utama meninggalnya aktor Ashraf Sinclair.

Literasi Untuk Pencegahan

Walau dekat dengan kematian, Augine Fantinus, aktor dan presenter mengaku survive ketika mendapat serangan jantung.

Awal di vonis jantung, Augine berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang penyakit yang menakutkan ini. Diantaranya, dengan mengenali tanda-tanda serangannya.

Nah, di tahun 2012, ketika sedang berada di luar, Augine mendapat serangan jantung tiba-tiba. “Waktu itu, saya merasakan dada kiri saya terasa sakit, napas menjadi pendek-pendek, kemudian keluar keringat dingin dalam jumlah banyak yang membasahi seluruh baju. Augine pun buru-buru meminum cedocard,  yang selalu dia simpan dan bawa di dalam dompet. Setelah agak lega, Augine langsung pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi jantungnya. Dari sini penanganan akan berlanjut dengan tujuan meredakan serangan, serta upaya pengobatan yang tepat untuk dilakukan.

Obat cedocard memang direkomendasikan sebagai pertolongan pertama bagi penderita penyakit jantung, ketika sedang berada jauh dari akses layanan dokter.

Walau Sehat, Bisa Saja Serangan Hadir Dari Faktor Risiko

Lebih lanjut Augine menambahkan, “Utamanya ketika mendapatkan serangan jantung, kita harus tenang, tidak boleh panik. Dan, minta bantuan orang untuk mengantar ke dokter, “ujar Augine. Serangan ke dua, dialami Augine di tahun 2016. Lagi-lagi Augine berhasil lolos dari maut karena paham dengan kondisi kesehatan jantungnya.

Menurut Augine, serangan jantung banyak menyerang generasi usia produktif. Lagi getol-getolnya bekerja, sebagian malah abai bahkan tidak menyadari bahwa gejala yang sering dikira masuk angin atau gejala penyakit asam lambung kronis adalah serangan jantung.

Bagi yang memiliki faktor risiko seperti perokok, kolesterol tinggi atau diabetes melitus harus rutin cek up elektro kardiogram (EKG) berupa pemeriksaan jantung, untuk mendeteksi kelainan dengan memgukur aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung.

Baca Juga: IPC Bangun Kemitraan dengan Operator Pelabuhan Rumania

Augine menghimbau kaum muda juga seleb lebih peduli dan mengenali gejala awalnya. Gaya hidup sehat wajib dijalankan, gak hanya diet dan rutin olahraga, tapi batasi aktifitas fisik seiring bertambahnya usia, walaupun itu untuk olahraga.

Nah pertanyaannya sekarang, ada berapa banyak teman-teman seleb atau mereka yang bekerja di industri kreatif yang punya waktu cukup untuk beristirahat? Ke depannya, agar para steakenholder di industri kreatif memberi perlindungan kesehatan kepada para pekerja. Caranya bisa beragam, diantaranya efisiensi kerja serta batasan jam kerja agar mereka bisa beristirahat.” (bud).

Cedocard Atasi Sementara Serangan Jantung

Merupakan jenis obat keras, yang penggunaanya harus dengan konsultasi dokter.
Obat cedocard berkhasiat untuk mencegah serta meredakan nyeri dada, dengan merelaksasi dinding pembuluh darah, serta menurunkan beban kerja jantung. Menurunkan aliran balik vena ke jantung, sebagai akibat dari gagal jantung. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03