20 April 2024 - 01:10 1:10

Australia Jadi Negara yang Tes Virus Corona Terbanyak di Dunia

WartaPenaNews, Jakarta – Australia menjadi negara pertama yang telah melakukan tes terhadap 1 persen dari jumlah penduduknya, dalam upaya mengendalikan penyebaran virus corona yang sekarang sudah pandemik di hampir seluruh dunia.

Sejauh ini Australia sudah melakukan tes terhadap lebih dari 260 ribu warga, yang berarti satu persen dari jumlah penduduk Australia, yang saat ini berjumlah 260 juta.

“Australia sekarang mencapai taraf 1.000 tes per 100 ribu penduduk. Ini berarti 1 persen dari jumlah penduduk.”

“Kita adalah negara pertama, sepengetahuan saya, yang mencapai taraf tersebut.” kata PM Morrison.

Menurutnya tes virus corona menjadi hal yang penting guna melacak mereka yang pernah melakukan interaksi dengan mereka yang positif.

Sejauh ini hanya Korea Selatan dan Amerika Serikat yang sudah melakukan tes yang paling banyak, namun Australia masih lebih unggul dalam hal perbandingan jumlah tes dengan jumlah penduduk.

Tingginya tingkat pengetesan membuat Australia sekarang mampu mencegah angka penularan yang tidak terkendali.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt mengatakan ada tanda-tanda jika Australia berhasil melandaikan kurva, atau flattening the curve.

“Dua minggu terjadi peningkatan 25-30 persen kasus baru setiap hari,” kata Hunt.

Baca Juga: Setelah Banten, Sinar Mas Land Bantu Kebutuhan Medis di Kabupaten Tangerang

“Kemudian angka itu turun ke belasan persen minggu lalu dan sekarang dalam beberapa hari angkanya turun dari 10 persen.”

“Ini berarti kita sudah mulai melihat tanda-tanda yang nyata namun harus dilihat dengan hati-hati kurva yang melandai,” katanya lagi.

Sejauh ini korban meninggal akibat virus corona di Australia meningkat menjadi 24 orang, setelah seorang perempuan berusia 70 tahunan meninggal di negara bagian Queensland, Rabu malam.

Di negara bagian Victoria, seorang perempuan berusia 60 tahunan meninggal hari Kamis sehingga menjadi orang keenam yang meninggal di negara bagian ini.

Secara keseluruhan, lebih dari 5 ribu kasus positif COVID-19 tercatat di Australia secara nasional. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03