27 April 2024 - 13:48 13:48

Awal Bulan, IHSG Dalam Fase Tren Menguat

WARTAPENANEWS.COM  –  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) awal bulan berpotensi bergerak dalam kecenderungan menguat pada sepanjang perdagangan. IHSG hari ini akan berada di kisaran 7.275 – 7.344.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, dari perdagangan sebelumnya, walaupun mengalami pelemahan, namun IHSG masih dalam tren menguat. Apa kiranya yang membuat IHSG menjadi seperti ini?

“Jika mencari sumber jawaban dari luar, maka ada banyak sekali kemungkinan, bahkan kami menemukan adanya alasan seperti IHSG sedang ditekan aksi jual karena pelaku pasar sedang beralih pada instrumen crypto,” tulis William dalam analisisnya, Senin (4/3/2024).

Jawaban ini tentu saja bisa benar, karena saat ini crypto relatif lebih menguntungkan dibanding saham. Namun jika dicek dari nilai transaksi, rasanya agak kurang mendukung.

“Akhirnya kami mencoba menyimpulkan bahwa sebenarnya yang terjadi pada IHSG adalah hal yang biasa terjadi setiap tahunnya, dimana memang ada fase puncak di bulan Maret – April,” katanya.

Menurut William, setelah fase puncak ini, akan bersambung dengan fenomena yang dikenal sebagai Sell In May. Jadi, ada kemungkinan pelaku pasar hanya sedang mengantisipasi hal ini saja.

“Apakah kita bisa mengambil peluang? Tentu bisa, bahkan pada saat IHSG bergerak seperti ini. Saham-saham 2nd dan 3rd liner sedang mendapat giliran manggung dan hampir selalu terjadi pada saat IHSG bergerak sepi atau melemah terbatas,” jelas dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03