20 April 2024 - 05:24 5:24

Ayo…Kembali ke Popok Kain, Ala Masyarakat Inggris

WartaPenaNews, Jakarta – Masyarakat Inggris rupanya mulai gerah dengan permasalahan sampah yang mengganggu serta mengancam kehidupan mereka.

Penyumbang Sampah dan Kuras Budget

Beragam cara diupayakan untuk mengurangi produksi sampah rumah tangga. Salah satunya dengan beralih dari menggunakan popok sekali pakai ke popok kain cuci ulang. Salah satu material popok sekali pakai adalah plastik yang sulit terurai jika dibuang sembarangan

Dalam sebulan, 8 juta popok sekali pakai dibuang orang. Seorang bayi membutuhkan 4 juta popok hingga dia bisa mandiri buang air ke kamar mandi.

Badan Lingkungan Hidup Inggris memperkirakan, dalam setahun ada 3 milyar popok sekali pakai yang dibuang warganya.

Untuk mengurangi sampah popok sekali pakai, masyarakat Inggris beramai-ramai ubah kebiasaan dan beralih ke popok kain.

Baca Juga: Pelatih Juventus Kena Semprot Kantor Pos Italia

Lebih Nyaman Desain Menarik

Produsen popok kain pun menyambut baik dengan menciptakan popok kain berkualitas. Nyaman dipakai, tidak bocor serta menimbulkan ruam pada kulit bayi. Selain beragam motif menarik dihadirkan agar popok kain dilirik pengguna.

Memang di awal penggunaan, butuh dana yang cukup besar untuk membeli sejumlah popok kain. Namun, setelah mulai digunakan serta dicuci, masyarakat Inggris merasa lebih hemat dibandingkan menggunakan popok sekali pakai.

Untuk mendukung upaya penggunaan popok kain yang efisien, sejumlah badan amal membuka penyewaan popok kain. Masyarakat bisa mendapatkannya di sejumlah perpustakaan.

Kiranya, upaya merawat bumi sambil berhemat yang telah dilakukan masyarakat Inggris, bisa kita contoh. Toh, generasi terdahulu pernah menggunakan popok kain. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03