17 April 2024 - 06:09 6:09

Azerbaijan Rayakan 880 Tahun Sastrawan Besar Dunia ‘Nizami Ganjavi’

Azerbaijan Rayakan 880 Tahun Sastrawan Besar Dunia ‘Nizami Ganjavi’
Penulis : Khazangul Huseynova – Anggota Persatuan Penulis Azerbaijan dan Eurasia

Ide-Ide Manusia dalam Karya Nizami Ganjavi

Sepanjang hidupnya, Nizami Ganjavi tinggal dan tumbuh di kota kuno Ganja, salah satu pusat budaya penting Azerbaijan. Di kota ini, dia menciptakan karya sastra yang indah, yang sekaligus memperkaya sejarah pemikiran filosofis, sosial, artistik, dan estetika Timur Tengah. “Khamsa”Nizami Ganjavi yang dikenal luas, merupakan salah satu yang terbaik dalam karya sastra puisi dan filosofis dunia. Adapun 5 puisi yang termasuk dalam “Khamsa” adalah “Harta Karun Rahasia”, “Khosriv dan Shirin”, “Leyla dan Majnun”, “Tujuh Keindahan”, “Nama Iskend”, – puisi tersebut tidak hanya terkenal di Azerbaijan, tapi juga di dunia literatur.

Pada tahun 2021, peringatan 880 tahun Nizami Ganzavi akan dirayakan di Azerbaijan. Dalam rangka memperingati 880 tahun Nizami Ganjavi, Presiden Republik Azerbaijan Ilham Aliyev mendeklarasikan tahun 2021 sebagai “Tahun Nizami Ganjavi” di Azerbaijan.

Sebagai bagian dari “Tahun Nizami Ganjavi”, kota dogma penulis besar Ganja, Ketua Serikat Penulis Ganja, Pekerja Budaya terhormat, Penerima penghargaan Rasul Rza dan Mikail Mushfig, Anggota Persatuan Penulis Azerbaijan dan Serikat Penulis Eurasia, penyair – dramawan Khazangul Huseynova’s Nizami Ganjavi, Kami sampaikan perhatian Anda pada artikel “Ide manusia dalam kreativitas”.

Nizami yang agung dianggap sebagai puncak kesusastraan yang abadi. Dia mengangkat suaranya sebagai protes terhadap penindasan, dan mengedepankan ide-ide berani terhadap para penguasa dan raja saat itu.

Nizami menemukan bidang baru dalam literatur yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Dalam puisi, ia mampu menyampaikan kegembiraan dan detak jantungnya kepada para pembacanya.

Nizami memusatkan semua emosi manusia dalam karyanya, dan karenanya menjadi manusia. Nizami, yang lahir dan tinggal di Ganja, membesarkan kota Ganja dengan caranya sendiri melalui karyanya.

Selama 880 tahun, Nizami duduk di puncak halaman keabadian sastra, mengibarkan panji kemenangan atas seluruh jagat karyanya, yang merupakan buah persatuan puisi, pemahaman dan pemikirannya. Dia sendiri tidak membiarkan dirinya dilupakan, tidak untuk dilupakan, tetapi entah bagaimana, setidaknya sedikit, melarikan diri. Seperti yang dikatakan Nizami, “Ratusan tahun telah berlalu, tetapi jika Anda bertanya di mana dia, dia akan mengucapkan ayat-ayat saya di sini.”

Meskipun dia lahir di Ganja, semua negara di dunia, semua negara berusaha untuk menempatkan dia di suatu tempat. Karena karyanya telah meninggalkan segel “Nizami” pada puisi seluruh dunia.

Puisi Nizami yang termasuk dalam “Khamsa” membuka halaman baru dalam sejarah budaya puisi Oriental, dan yang terpenting, puisi Turki. Syair-syair yang sangat indah dan tiada tara memiliki pengaruh besar pada perkembangan sastra dan seni di Timur Tengah dan masih dipertunjukkan. Itu juga merupakan sumber inspirasi yang tidak ada habisnya untuk banyak puisi klasik Turki. Banyak komentar telah ditulis untuk “Khamsa” Nizami. Pandangan ini ditulis oleh penyair Turki terkemuka Abdurrahman Jami, Alisher Navai, Khosrov Dahlavi dan karya klasik lainnya.

Puisi-puisi filosofis, romantis, cinta, dan historis heroik Nizami telah menjadi sumber inspirasi bagi seniman atas hasrat kreatif mereka yang tiada habisnya dan telah melahirkan banyak karya seni.

Kami bangga pada Nizami, salah satu bagian dari Turki dan putra tanah Azerbaijan, yang paling megah saat itu, dan Nizami yang agung, yang memberikan kota Ganja kepada dunia, membuat kagum seluruh umat manusia dengan bakat yang luar biasa dan tak terlukiskan. Dalam setiap karyanya kita melihat kecintaannya yang tiada habisnya pada tradisi, cerita rakyat dan nilai-nilai Azerbaijan, termasuk Turki.

Nizami yang agung mengangkat derajat tinggi wanita Turki, memuji pengorbanan diri wanita, kecerdasan wanita, kesetiaan wanita, kesucian wanita. Fitna, Shirin, Nushabas dan Azadesinya adalah wanita Turki sejati. Fitna adalah seorang wanita Turki yang sangat berani, cerdas, sabar, bahkan bisa menginspirasi Bahram Shah.

Nizami yang agung mengangkat wanita Turki dari ketinggian, memuji pengorbanan diri wanita, kecerdasan wanita, kesetiaan wanita, kesucian wanita. Fitna, Shirin, Nushabas dan Azadesinya adalah wanita Turki sejati. Fitna adalah seorang wanita Turki yang sangat berani, cerdas, sabar, bahkan bisa menginspirasi Bahram Shah.

Dalam karyanya, Nizami mengimbau untuk tidak lupa mengapresiasi masa lalu, sekaligus berinovasi. “Ini seperti melempar batu ke masa lalu, menjangkau anak yatim piatu,” katanya. Yang terpenting, dapat dikatakan bahwa dia juga seorang ilmuwan peneliti. Misalnya, sebelum menulis puisi “Alexander’s Letter”, ia tidak menemukan sumber tertulis tentang Alexander sebagai buku. Dia menggunakan manuskrip tentang Alexander yang ditulis dalam bahasa Ibrani, Kristen, dan Pahlavi. Dia mempelajari sejarah semua raja ketika dia menulis The Seven Beauties. Itulah mengapa Nizami menulis:

Berapa banyak buku yang ada di dunia ini?

Saya mencoba mencari tahu.

Saat kita membaca “Khamsa”, kita melihat bahwa dia selalu berhubungan dengan masyarakat, dekat dengan penduduk desa, orang tua yang bijak, ahli dalam kesenian rakyat, sastra lisan dan cerita rakyat dari Azerbaijan asli dan semua negara Turki. Cinta tak terbatas untuk seorang pekerja, sikap asli terhadap kebijaksanaan rakyatnya membuat kagum orang. Ia melihat pengetahuan bahasa lain sebagai salah satu faktor utama untuk mengetahui nilai bahasa Azerbaijannya.

Dia mengatakan dalam sebuah bait puisinya : siapa yang tahu bahasa yang saya hitung secara detail, Saxes memfitnah bahasanya sendiri, dari celaan.

Saat seseorang mengenal Nizami, Saat seseorang mengenal Nizami, pasti dia terpana oleh pikiran, kecerdasan, dan keterampilan puitisnya, dan Anda tidak tahu ke mana harus berpaling untuk menahan kegembiraannya. Seolah-olah detak jantungnya, kegembiraan batin, inspirasi puitis, perasaan ilahi mengguncang Anda, membuat Anda menjadi miliknya, Anda pasti menjadi ‘budaknya’, korbannya, dan hal itu membawa kegembiraan spiritual dan ketinggian spiritual. Kami menyebutnya “dewa kata-kata”. Saat dia berkata, “Saya meletakkan dasar dari sel puisi,” “Saya menggabungkan puisi dengan sains dan tradisi.” Kami menyembah dia sebagai hamba dari kata “dewa kata-kata” ini. Selain itu, saat Anda membaca Nizami, Anda mengagumi kemampuannya mengatasi rasa sakit. Dia unggul dalam kerja kerasnya. Dia berkata:

Meskipun Ghana adalah duri di sisimu,

Jangan bosan bekerja, biasakanlah.

Sepertinya kami telah berhasil membuka Nizami. Tapi menurut saya, dia masih bersembunyi. Kami tidak bisa membukanya sepenuhnya. Untuk mengungkapnya, perlu untuk menggabungkan sains dan ketopong, dan mempelajari pekerjaan persatuan ini secara keseluruhan. Karena dia sangat jenius sehingga kejeniusannya lahir dari kedamaian dan cinta Surga dan Bumi. Nizami yang agung memberikan kunci rahasia identitasnya untuk memperkenalkan dirinya kepada orang-orang. Dia berkata, “Jika ada yang ingin melihat saya, dia bisa melihat esensi jiwa saya dalam karya saya.” Ketidakpahaman kami dengan level Nizami menghalangi kami untuk memahami kerahasiaannya, rahasia Nizami yang tidak dapat dipahami. Dia juga ingin membantu kami dalam tulisannya. Dia berkata, “Bagaimana seseorang yang mengungkapkan rahasia kepada Anda dalam setiap ayat dapat disembunyikan dari Anda?” Jika dia mengungkapkan misteri di setiap lirik karyanya, jadi itu adalah kumpulan misteri, kumpulan misteri ini adalah keseluruhan. Integritas adalah dunia, seluruh alam semesta. Karena itu, ini adalah misteri, misteri ketuhanan itu sendiri. Tapi saya bangga bisa mengatakan bahwa dia orang Azerbaijan, dia orang Turki, dia dari Ganja.

Saya percaya bahwa “kota Nizami” yang pernah hidup dalam mimpi saya akan menjadi kenyataan dengan mengenakan apa yang disebut kebenaran.

Pasti akan …

Ini akan menjadi kronik sejarah. Pencipta seumur hidup dari sejarah sejarah ini, yang memenuhi misi ini, akan terukir dalam memori sejarah dan akan menjadi keinginan dan cinta jiwa Nizami. Semoga ada keinginan seperti itu, cinta seperti itu. Berbahagialah orang yang mencapai ini.

Ilyas ibn Yusuf ibn Muayyaz, yang telah memukau umat manusia dengan dunia puitisnya selama 880 tahun, adalah cahaya, dia adalah cahaya, dia adalah Nizami yang agung. (**)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
16 April 2024 - 13:43
Terbang ke Uganda, Ivan Gunawan Resmikan Pembangunan Masjidnya

WARTAPENANEWS.COM - Ivan Gunawan dalam waktu dekat ini. akan terbang ke Uganda. Kepergiannya ke Uganda sendiri diketahui untuk meresmikan Masjid yang telah dibangunnya. Pria akrab disapa Igun menerangkan kalau ia

01
|
16 April 2024 - 12:13
Sopir Taksi Online Tewas Dihujani Tusukan oleh Begal

WARTAPENANEWS.COM - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung berhasil mengamankan pelaku pembegalan yang terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, pada Minggu 14 April 2024 lalu. Korban pembegalan tersebut merupakan seorang sopir online,

02
|
16 April 2024 - 11:13
Ganjar akan Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

WARTAPENANEWS.COM -  Mahkamah Konstitusi (MK) akan segera membacakan hasil putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres pada 22 April 2024 mendatang. Calon Presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo

03