18 April 2024 - 15:24 15:24

Azis Syamsuddin dan Fahri Hamzah Terseret di Kasus Suap Ekspor Benih Lobster

WartaPenaNews, Jakarta – Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan pihaknya akan mendalami terungkapnya nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan politisi Fahri Hamzah disebut dalam sidang kasus dugaan suap yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

“Terkait keterangan saksi mengenai nama AS dan FH pada sidang perkara EP dan kawan-kawan, selanjutnya akan dianalisa Tim JPU KPK dalam surat tuntutannya,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi soal fakta sidang fakta sidang, baik dari keterangan saksi maupun terdakwa kasus ini, Rabu (16/6).

Analisa ini diperlukan untuk memastikan ada atau tidaknya keterkaitan keterangan saksi dengan alat bukti yang lain, sehingga dapat membentuk fakta hukum lebih lanjut.

“Prinsipnya, tentu sejauh jika ada kecukupan setidaknya dua bukti permulaan yang cukup, kami pastikan perkara ini akan dikembangkan dengan menetapkan pihak lain sebagai tersangka,” jelas Ali.

Sebelumnya, nama Azis Syamsuddin dan Fahri Hamzah disebut dalam persidangan kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster yang menjerat Edhy Prabowo di PN Tipikor Jakarta, Selasa (15/6). Fakta hukum itu terungkap saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menampilkan percakapan dari ponsel milik staf Khusus Edhy Prabowo, Safri yang disita oleh penyidik KPK.

Safri menjadi saksi untuk lima terdakwa lainnya yaitu Edhy Prabowo, Andreau Misanta Pribadi, Amiril Mukminin, Ainul Faqih, dan Siswandhi Pranoto Loe. Mereka didakwa bersama-sama menerima uang suap pemberian izin ekspor BBL senilai Rp25,7 miliar. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03