29 March 2024 - 17:21 17:21

Bahlil Boyong Pejabat Papua Temui Investor China

WartaPenaNews, Jakarta – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia memboyong sejumlah pejabat Papua dan mempertemukan mereka dengan sejumlah investor strategis China pada 4-6 Desember 2019.

Turut hadir dalam rombongan adalah Gubernur Papua Lukas Enembe, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Pangdam Cendrawasi Mayor Jenderal TNI Herman Asarihab, Ketua DPRD Papua dan Bupati Membramo, sedangkan dari BKPM sejumlah pejabat mendampingi yakni Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan Nurul Ichwan, Anggota Komite Investasi Eka Sastra, Umar Lessy dan Rizal Calvary Marimbo.

“Kami ingin investasi di Papua semakin meningkat. Apalagi Papua sangat strategis dan sumber daya alamnya melimpah,” kata Bahlil dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Bahlil mengatakan pihaknya menawarkan peluang investasi hingga ke hilirisasi ke sejumlah investor.

“Di Papua ada emas, nikel, batu bara, pasir besi, potensi listrik, dan PLTA 23.000 MW. Ada juga kawasan industri,” katanya di depan pendiri dan manajemen tinggi Huafon Group dan Tsingshan Group Xiang Guangda di Wenzhou, China, Rabu (4/11).

Tak hanya sumber daya alam, Papua juga menurut Bahlil sangat strategis dalam membangun industri manufaktur atau pusat industri pengolahan.

“Ore (bijih) yang ada di Australia, Morowali, Filipina bisa diolah di Papua,” tegas dia.

Soal keamanan, kata Bahlil Papua sudah sangat aman. Investor dimintanya tak perlu khawatir soal keamanan berinvestasi.

Bahlil mengatakan kunjungan tersebut dapat meningkatkan penetrasi investasi di sektor manufaktur dan hilirisasi hingga ke luar Pulau Jawa, utamanya Papua.

“Kita punya sumber daya alam, bahan baku, utamanya di luar Jawa. Tapi kita juga perlu mendorong industri olahan tidak hanya berpusat di Pulau Jawa,” imbuhnya.

Selama di China, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia memimpin delegasi berkunjung ke Shanghai, kota industri dan manufaktur Wenzhou, serta Tongxiang di Provinsi Zhejiang.

Rombongan bertemu dengan para investor dan sejumlah pabrik dan pemerintah daerah di Kota Wenzhou, Provinsi Zhejiang. Selain mengunjungi pabrik-pabrik petrokimia dan baterai, delegasi juga melakukan tatap muka dan pembicaraan dengan Pendiri dan Top Manajemen Huafon Group dan Tsingshan serta Wali Kota Wenzhou.

Kepala BKPM dan rombongan juga dijadwalkan mengunjungi pembangkit listrik Shan Du Hydro, milik dari Tsingtuo Group serta pusat riset dan pengembangan STS Compex kelompok usaha ini, Kamis (5/12) ini.

Selanjutnya, Kepala BKPM akan melakukan kunjungan kerja ke Shanghai, Jumat (06/11), dan pada hari yang sama akan melakukan rapat pertemuan dengan Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, sebelum kembali ke Jakarta. (cim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03