Bangunan SD di Garut Dijual Kepala Desa

oleh -

WartaPenaNews, Jakarta – Sebuah akun media sosial Facebook, mengunggah foto sebuah bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jayamukti 3 di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut Jawa Barat dijual. Dalam akun tersebut juga diunggah foto kuitansi pembelian bangunan SD senilai Rp80 juta, nama pembeli dan tanda tangan serta cap atas nama kepala desa (kades) Jayamukti.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui perihal penjualan gedung SD tersebut. Namun diakuinya bangunan sekolah dipindahkan karena memang ada hasil rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa bangunan itu berada di tanah yang rawan longsor.

“Sekolahnya dipindahkan ke lokasi baru yang lebih aman karena di sana rawan longsor tapi bangunan sekolah tidak untuk dijual, ” ujar Helmi pada Rabu 1 Juli 2020.

Berdasarkan infomasi bahwa Bangunan SDN Jayamukti 3 sudah tidak dipergunakan karena khawatir terjadi longsor yang menimpanya. Namun bangunan tersebut masih berstatus aset milik pemerintah Kabupaten Garut sehingga tidak bisa diperjualbelikan.

“Kalaupun bisa, harus menempuh prosedur yang benar,” ungkap Helmi.

Lanjut Helmi jika bangunan SDN Jatimukti 3 tiba-tiba dijual tanpa pemberitahuan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Garut. Oleh karena itu terduga pelaku epala desa yang menjual bisa dikenakan pidana.

“Ini akan kami selesaikan, kondisi sekolah harus utuh karena katanya sudah mulai dilakukan pembongkaran,” kata dia. (mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *